Sekneg Pratikno Batal Jadi Saksi Pernikahan Adik Presiden Jokowi, Posisinya Digantikan Sosok Ini

Bramantyo
Sekertaris Negara Pratikno sebagai saksi digantikan oleh Wakil Presiden Ma'aruf Amin (Foto: iNewskaranganyar.id)

SOLO, iNews.id - Saksi pernikahan adik kandung Presiden Jokowi, Idayati dan Ketua MK Anwar Usman mengalami pergantian. Sebelumnya, Sekertaris Negara Pratikno dijadwalkan akan menjadi saksi bersama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Namun, sehari menjelang pernikahan, pihak keluarga Presiden Jokowi mengganti saksi pernikahan. Sekertaris Negara Pratikno batal menjadi saksi. Posisi Pratikno sebagai saksi digantikan oleh Wakil Presiden Ma'aruf Amin.

Perubahan saksi pernikahan adik kandung Presiden Jokowi itu dibenarkan oleh Ketua KUA Banjarsari Solo Arbain.

"Betul sekali posisi pak Pratikno digantikan oleh Wakil Presiden. Posisi pak Andika sebagai saksi masih tetap. Jadi nanti pak Wapres dan pak Andika Perkasa yang menjadi saksi,"terang Arbain, Rabu (25/5/2022).

Arbain tak tahu apa alasan pergantian saksi tersebut. Dirinya hanya dihubungi oleh pihak keluarga, bila ada pergantian saksi.

"Saya hanya dihubungi pihak keluarga pada Selasa (24/5/2022) sore. Tidak tahu apa alasannya. Pihak keluarga hanya bilang saksi di ganti,"terangnya.

Sementara itu dari keterangan Arbain, saat ini tengah dilakukan prosesi Jonggolan. karena pernikahan ini menggunakan adat Jawa, sesuai suku dari Idayati, maka Anwar wajib mengikuti seluruh prosesi jonggolan.

Jonggolan merupakan satu kegiatan dari rangkaian panjang pernikahan Jawa. Biasanya, jonggolan dilaksanakan saat keluarga mempelai wanita mengadakan acara midodareni.

"Pak Anwar wajib ikut prosesi Jonggolan. Karena pernikahan ini menggunakan adat Jawa. Dan Jonggolan dilakukan di gedung Graha Saba,"terangnya.

Editor : Ditya Arnanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network