12 Tempat Paling Angker di Pulau Jawa, Gunung Lawu Terdapat Tempat Transaksi Mahluk Halus?

Ratu Syra Quirinno
Gunung Lawu tempat terangker di Pulau Jawa (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNews.id - Tempat angker biasanya dijadikan tempat wisata mau pun uji nyali bagi anak muda yang suka melakukan traveling menantang. Tempat angker memang memiliki sensasi tersendiri ketika dikunjungi.

Pulau Jawa terkenal memiliki tempat-tempat yang dikenal memiliki aura mistis yang bisa membuat bulu kuduk merinding

Penasaran dengan tempat paling angker di Pulau Jawa? Simak tempat-tempat angker di bawah ini seperti dilansir dari beragam sumber, Selasa (24/5/2022):

12.  Pantai Indrayanti

Tempat paling angker di pulau Jawa yang terakhir ada Pantai Indrayanti. Di pantai yang terletak di Yogyakarta ini sering terjadi kesurupan massal dari peserta study tour. Dipercaya alasan kesurupan massal tersebut karena membawa pasir dan kerang tanpa izin.

11.  Gunung Gede Pangrango

Tempat paling angker di pulau Jawa selanjutnya Gunung Gede Pangrango. Gunung yang berada di Sukabumi ini memiliki banyak misteri. Ada banyak pendaki yang mengalami hal-hal mistis, seperti diikuti jin hitam hingga menyaksikan penampakan makhluk-makhluk gaib.

10. Taman Nasional Ujung Kulon

Tempat paling angker di pulau Jawa lainnya, Taman Nasional Ujung Kulon. Dikisahkan tempat yang berada di Banten ini dijaga sosok mahluk halus harimau gaib yang berukuran besar dengan bernama Abah Gede.

9. Air Terjun Kedung Kayang

Tak jauh berbeda dengan Gunung Ciremai, di Air Terjun Kedung Kayang Magelang ini juga kerap terdengar suara gamelan yang tidak diketahui asalnya.

8. Gunung Ciremai

Tempat paling angker di pulau Jawa selanjutnya Gunung Ciremai di Majalengka. Gunung yang terletak di Majalengka ini menyimpan cukup banyak kisah mistis, di antaranya penampakan Nyi Linggi, macan kumbang gaib, dan terdengar suara gamelan.

7. Pantai Karang Hawu

Tempat paling angker di Pulau Jawa lainnya Pantai Karang Hawu di Sukabumi. Dikisahkan seorang dewi pengidap penyakit kulit yang terjun dari sebuah karang di Pantai Karang Hawu.

Dia kemudian terlepas dari penyakit kulit yang diderita dan saat ini dirinya dikenal dengan sosok penguasa pantai selatan yang bernama Nyi Roro Kidul.

6. Klampis Ireng

Tempat paling angker di pulau Jawa berikutnya Klampis Ireng di Ponorogo. Konon, Klampis Ireng dibangun oleh Semar, tokoh punakawan dalam pewayangan Jawa. Diceritakan, Semar mendirikan kerajaan megah yang penuh dengan hiasan berlapiskan emas. Ketika berada di sini ada peringatan dilarang keras untuk bertindak tidak sopan.

5. Alas Ketonggo

Tempat paling angker di pulau Jawa selanjutnya, Alas Ketonggo. Tempat ini terletak 12 KM dari pusat kota Ngawi. Nama Ketonggo berasal dari kata Katon yang artinya terlihat dan Onggo berarti mahluk halus yang artinya kehidupan mahluk halus yang akan terlihat bila Anda memasuki hutan ini. 

Dikisahkan tempat ini juga ada kerajaan gaib yang masih kerabat dekat dengan kerajaan gaib di Alas Purwo. Banyak warga setempat yang mendapatkan pengalaman gaib seperti sering terdengar suara-suara memanggil tanpa ada sosok manusianya dan gundukan tanah yang dapat membesar sendiri.

4. Kolam Renang Tamperan

Tempat paling angker di pulau Jawa lainnya Kolam Renang Tamperan di Pacitan. Kolam ini sudah lama ditinggalkan. Kabarnya, kolam ini dihuni oleh bangsa jin yang sering meminta tumbal nyawa pengunjung kolam ini.

Kolam mulai sepi semenjak ada anak kecil yang berenang di sini lalu tenggelam. Saat itu air kolam dikuras habis, namun jenazah anak kecil tersebut tidak ditemukan bahkan sampai saat ini warga sekitar masih sering mendengar tangisan arwah pengunjung yang pernah tewas di kolam ini.

3. Alas Lali Jiwo

Tempat paling angker di pulau Jawa berikutnya Alas Lali Jiwo. Gunung Arjuno yang berada di Pasuruan dan Malang ini sering dianggap angker. Sering terjadi peristiwa orang hilang saat mendaki gunung. Di gunung ini terdapat sebuah tempat dengan nama Alas Lali Jiwo.

Di tempat ini lah sering dilaporkan pendaki hilang. Warga sekitar di kawasan Alas Lali Jiwo percaya bahwa orang yang memiliki niat buruk saat mendaki gunung akan tersesat dan tidak kembali.

2. Pantai Kenjeran

Tempat paling angker di pulau Jawa yang pertama di Pantai Kenjeran. Pantai yang terletak di Surabaya ini dianggap angker karena konon pantai ini menjadi perkampungan bagi mahluk halus.

Beredar isu bahwa di pantai ini terdapat kerajaan gaib yang dipimpin oleh siluman ular. Ada beberapa wisatawan mengaku sempat menangkap bayangan di foto yang diambil di tempat tersebut. Diperkirakan bayangan itu mirip seperti kuntilanak.

1. Gunung Lawu

Tempat paling angker di pulau Jawa selanjutnya Gunung Lawu. Gunung yang berada perbatasan provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah memiliki cerita horor. Gunung Lawu ini terkenal dengan fenomena gaib berupa pasar setan. 

Kemunculan pasar setan ini ditandai dengan terdengar suara yang mengatakan “Mau beli apa? (arep tuku opo)?.” Katanya kalau mendengar seperti itu harus membuang berapa pun uang dan memetik daun di sekitarnya seolah-olah sedang membeli sesuatu, jika tidak dilakukan akan terkena celaka.
 

Editor : Ditya Arnanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network