Kultum Ramadhan : Keyakinan dan Do’a adalah bagian fondasi utama Agama Menurut Gus Ilyas

Bramantyo
Gus Ilyas Ketua Forum Generasi Muda Lintas Agama (Forgimala) Kabupaten Karanganyar dalam kultum Ramadan menyampaikan tiga hal yang tak boleh putus dalam kehidupan manusia (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNews.id - Keyakinan dan doa bagian utama dari fondasi utama agama. Doa adalah bentuk permohonan yang dilakuan setiap waktu oleh manusia. Dalam agama apapun, doa adalah inti dari ibadah. 

Doa adalah bentuk komunikasi manusia dengan Tuhannya. Sedangkan keyakinan itu merupakan kepercayaan terhadap Tuhan. Yakin bila doa yang kita panjatkan didengar oleh Tuhan.

Mari kita simak Kultum Ramadan: Keyakinan dan Do’a adalah bagian fondasi utama Agama yang disampaikan langsung oleh Gus Ilyas yang merupakan Ketua Forum Generasi Muda Lintas Agama (Forgimala) Menurut Gus Ilyas Akbar Almadani dalam kultum tujuh menit di Masjid Agung Madaniyah Karanganyar.

Dalam kultumnya, Gus Ilyas menyampaikan di malam ke 18 Ramadan ada tigal hal penting yang harus dilakukan setiap hari. Tidak hanya di bulan suci Ramadan, tapi dalam kehidupan sehari-hari.

Ketiga hal yang harus terus menerus dilakukan dan jangan sampai terputus yaitu, pertama Senantiasa ingat kepada Allah (fadzkuruni adkurkum was kuruli wala takfurun). Kedua, senantiasa berbuat baik kepada siapapun. (In ahsantum ahsantum li’an fusikum wa in asa’tum falaha).

"Dan yang ketuga yaitu berdo’a dengan yakin kepada Allah SWT. (Wa qolla robbukum ud’uni astajib lakum),"ungkap Gus Ilyas, Rabu (20/4/2022).

Gus ilyas yang baru saja pulang Umroh dari Tanah Suci, Mekkah ini pun mengatakan Imam Nawawi menyampaikan, Addinunnasihat, agama adalah nasihat. 

"Semoga tiga nasihat itu mengingatkan saya pribadi, dan kita semua untuk senantiasa meningkatkan ibadah kita di akhir bulan suci ramadhan. Aamiin-aamiin YRA,"ujarnya.

Editor : Bramantyo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network