Gali Tanah Kolam Ikan, Warga Purworejo Temukan Granat Manggis Aktif Perang Dunia II

Bramantyo
Tim Jihandak Polda Jateng tengah menghancurkan granat yang ditemukan warga di Purworejo (Foto: Humas Polda Jateng)

PURWOREJO,iNews.id - Warga Desa Sucen Jurutengah, Bayan, Purworejo, mendadak heboh saat kedua orang warga bernama Handoyo (35) dan Sisu (62) menemukan sebuah benda menyerupai granat tangan saat tengah menggali tanah untuk dibuat kolam ikan.

Penemuan itu bermula saat peralatan yang mereka gunakan untuk menggali tanah membentur sebuah benda keras.

Awalnya mereka mengira bila mereka membentur sebuah batu yang terpendam didalam tanah.

Namun setelah benda itu mereka ambil dan teliti, keduannya terkejut bila benda yang mereka temukan itu ternyata berupa sebuah granat tangan.

Sontak, keduannya langsung menghubungi Babinsa Koramil 02/Bayan dan Polsek Bayan. Sesaat setelah mendapatkan laporan, petugaspun langsung mendatangi lokasi untuk mengamankan penemuan benda tersebut.

Granat manggis dengan panjang 10 Cm dan lebar 7 Cm tersebut selanjutnya diamankan di Kantor Kelurahan Sucenjurutengah Kecamatan Bayan, sambil menunggu petugas dari Jihandak Sat Brimob Polda Jateng.

Dari identifikasi disebutkan bahwa Granat manggis tersebut penanya telah rusak namun aktif dalam berbahaya. Bila meledak, pecahan bisa menyambar sampai radius 100 meter.

Tak menunggu lama, sekira pukul 12.50 WIB, Tim Jihandak Polda Jateng langsung melakukan disposal atau penghancuran granat. Penghancuran dilakukan Tim Jihandak Sat Brimob Polda Jateng di pekarangan Warga Desa Sucen, Bayan, Purworejo.

Kasi Humas Polres Purworejo Iptu Madrim Suryantoro menyatakan, Granat tangan jenis manggis tersebut diduga milik para pejuang dan merupakan senjata peninggalan perang dunia kedua

"Kami menghimbau kepada warga Masyarakat agar kalau menemukan benda yang mencurigakan dan dimungkinkan berbahaya selalu berkoordinasi dengan Petugas untuk mencegah kejadian yg tidak diinginkan,"terangnya.

Editor : Bramantyo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network