Sumartono Hadinoto Jabat Ketua Umum 2024-2029PMS

Lituhayu
Sumartono Hadinoto terpilih menjadi Ketua Umum (Ketum) Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS) periode 2024-2029 (Foto : iNewskaranganyar / Lituhayu)

Solo, iNewskaranganyar - Tokoh masyarakat sekaligus pengusaha Kota Solo, Sumartono Hadinoto terpilih menjadi Ketua Umum (Ketum) Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS) periode 2024-2029.

Sumartono terpilih melalui sistem aklamasi Rapat Umum Anggota (RUA) yang digelar di Gedung Pertemuan PMS, Jalan Ir. H. Juanda 47 Solo, Kamis (10/10/2024).

Dalam sambutannya, Sumartono menyampaikan rasa syukur atas diberikannya kepercayaan sebagai Ketum PMS.

"Bersyukur kepada Tuhan dan ini adalah sebuah tugas, karena saya selalu ingat apa yang dikatakan pak FX Hadi Rudyatmo bahwa bandha (harta-red) itu cuma titipan, nyowo (nyawa-red) cuma gadhuhan (pinjaman-red) dan pangkat derajat sampiran (hanya sementara-red). Ini adalah sebuah tugas yang dipercaya oleh semua anggota PMS melalui RUA, dan diizinkan Tuhan saya ditugasi untuk lima tahun ke depan," tutur Sumartono.

Lanjut Sumartono, dengan segala keterbatasan yang ada, ia berharap untuk dapat berkontribusi dan bermanfaat lebih banyak untuk masyarakat Solo. Hal ini sesuai dengan tagline PMS yakni 'Berbagi Berbakti dan Melayani' dengan komitmen niat baik dan ikhlas.

"Semoga kami bisa bersinergi dengan pengurus-pengurus nanti kelengkapannya, dan bersinergi dengan semua organisasi sosial yang ada di Kota Solo. Sehingga kita bisa semakin banyak berbuat, semakin banyak berbagi, semakin banyak melayani sesama," terangnya.

Sumartono meminta dukungan kepada semua anggota PMS agar dapat melaksanakan amanah besar yang kini ia emban sebagai Ketua Umum. Baginya, tiada arti sebuah jabatan Ketum organisasi jika tidak didukung oleh para anggotanya.

"Tentunya selalu mohon dukungan karena pengurus maupun ketua tidak akan bisa berbuat banyak kalau tidak didukung oleh anggota dari setiap organisasi itu. Mohon untuk juga diberi masukan karena yang bisa melihat kekurangan kita adalah anggota," ujar Sumartono.

Dengan jabatan Ketua Umum PMS, Sumartono berkomitmen untuk terus melanjutkan apa yang sudah dilakukan oleh Ketua Umum di dua periode sebelumnya. Baik saat PMS diketuai Wymbo Widjaksono maupun Budhi Moeljono.

"Yang sudah sangat bermanfaat bagi masyarakat akan kami lanjutkan, yang belum sempurna akan kami sempurnakan kalau perlu ditambah akan ditambah pelayanannya," terang Sumartono.

Sesuai dengan formatur tunggal Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), pembentukan kelengkapan pengurus PMS dilengkapi setelah 15 hari dari RUA.

"Waketum belum terpilih, beberapa ketua bidang belum. Nanti kita akan menentukan bidangnya, kepengurusan akan dilengkapi Waketum beberapa ketua bidang sesuai pelayanan PMS dan beberapa anggota pengurus," pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Panitia RUA yang bertugas adalah Idayanti Willy Santosa, Iwan Sentosa Djasmara dan Darmawan. 

Nama Sumartono Hadinoto diajukan oleh Ketua Presidium Liliek Setiawan di pleno ke tiga RUA. Dalam pleno tersebut, forum menyatakan setuju dengan nama yang diberikan.

Sumartono menjadi formatur tunggal yang dalam pemilihannya dilakukan melalui proses aklamasi oleh forum RUA.

Dengan begitu Sumartono Hadinoto sah menjabat sebagai Ketua Umum PMS periode 2024-2029. 

Editor : Puspita Priska Lituhayu

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network