Solidaritas Menyuarakan Keadilan: Mahasiswa dan Dosen UMJ Bersatu dalam Aksi Bela Palestina

Doni Mahendro
Solidaritas Menyuarakan Keadilan: Mahasiswa dan Dosen UMJ Bersatu dalam Aksi Bela Palestina (Foto: iNewskaranganyar. id/Doni Mahendro)

TANGSEL,iNews karanganyar. Id - Sekitar 500 mahasiswa, karyawan, dan dosen dari Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) melakukan aksi 'Bela Palestina' di depan kampus di Jalan IR H Juanda, Ciputat Timur, Tangerang Selatan (Tangsel), pada Selasa 7 Mei 2024.

Pantauan dilokasi, tampak para demonstran membawa bendera Palestina dan mengibarkan bendera merah-putih serta membawa spanduk kecaman terhadap agresi Israel sebagai latar belakang. Mereka menyuarakan kecaman atas kebrutalan yang menimpa rakyat Palestina. 

Di tengah aksi, kehadiran aparat kepolisian membantu kelancaran arus lalu lintas, sementara peserta aksi memastikan jalanan tetap terbuka.

Koordinator dan dosen Institute Teknologi dan Bisnis (ITB) Ahmad Dahlan Jakarta, Sarli Amri, menjelaskan bahwa aksi ini melibatkan seluruh komponen akademis UMJ, dengan partisipasi sekitar 500 orang.

"Dalam orasi mereka, kecaman terhadap kekejaman zionis Israel terhadap rakyat Palestina menjadi fokus utama. Lebih dari 30 ribu korban jiwa dari warga Gaza, sebagian besar adalah perempuan dan anak-anak," kata Sarli.

Ada sepuluh poin pernyataan sikap yang dibacakan oleh para orator, termasuk penghargaan terhadap peran aktif Kementerian Luar Negeri dalam memperjuangkan hak rakyat Palestina melawan penjajahan Israel.

"Aksi 'Bela Palestina' serentak dilakukan di 173 kampus Muhammadiyah dari Sabang sampai Merauke," tambah Sarli, menyoroti dimensi nasional dari solidaritas yang mereka tunjukkan.

Dengan aksi ini, UMJ telah menandakan komitmennya untuk menyuarakan keadilan dan kebebasan bagi rakyat Palestina, memberikan contoh bahwa solidaritas tak mengenal batas.***

Editor : Ditya Arnanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network