Misteri Rute Pendakian Gunung Anjasmoro Hingga Makam Dua Bayi di Puncak

Danang Prabowo/Net Karanganyar
Misteri Rute Pendakian Gunung Anjasmoro Hingga Makam Dua Bayi di Puncak (Foto: Tangkapan Layar Manusia Lembah)

JOMBANG,iNewskaranganyar.id - Gunung Anjasmoro salah satu gunung yang terdapat di Pulau Jawa. Gunung ini memiliki ketinggian 2.282 meter diatas permukaan laut.

Gunung Anjasmoro memisahkan Kabupaten Jombang dan Kediri tepatnya di Kecamatan Kandangan. Gunung Anjasmoro terletak satu kluster dengan Gunung Argowayang dan terletak berdekatan dengan Gunung Arjuno-Welirang. Gunung Anjasmoro mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Sama seperti gunung lainnya di tanah Jawa, Gunung Anjasmoro inipun kental dengan nuansa mistiknya. Berbeda dengan gunung lainnya, topografi gunung Anjasmoro begitu curam dan terjal. Sehingga para pendaki disarankan untuk tidak mendaki gunung ini. Karena reskio yang bakal dialami para pendaki bila mendaki gunung Anjasmoro ini.

Namun meski sudah disarankan agar para pendaki tidak naik ke puncak gunung Anjasmoro, namun masih ada saja para pendaki yang tetap nekat naik ke puncak gunung Anjasmoro. Jalur pendakian yang paling sering dilewati para pendaki yakni jalur Wonosalam menuju Cemoro Sewu yang merupakan bagian puncak dari Anjasmoro.

Para pendaki tentu sudah begitu akrab dengan pos satu pos kancil. Pos awal pendakian ke puncak Gunung Anjasmoro ini ada sebuah pendakian yang cukup terjal. Pos ini biasa disebut dengan sebutan Tanjakan Mbok.

Pasalnya ditanjakan ini kerab muncul penampakan Mbok-mbok atau Ibu-ibu yang kasat mata melalui jalur ini. Jarak dari pos 1 ke pos 2 memerlukan waktu sekitar 30 menit.

Editor : Ditya Arnanta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network