Begini Cara Dapatkan Centang Biru Berbayar untuk Instagram dan Facebook

Andera Wiyakintra/Net Karanganyar
Centang Biru Instagram dan Facebook (foto: Okezone)

JAKARTA, iNewskaranganyar.id - Centang biru kerap dilihat pada platform media sosial seperti Twitter, Instagram dan Facebook. Centang biru biasannya hanya bisa didapatkan oleh para pengguna yang merupakan publik figur seperti selebriti, politisi dan orang ternama lainnya. 

Itu dulu, kini centang biru bisa didapat oleh siapa saja. Termasuk pengguna yang tidak memiliki previlege dapat meng-autentifikasi diri mereka dengan centang biru. Sepintas, centang biru tak memiliki arti apa-apa.

Tapi jangan salah, centang biru bisa lebih terlihat autentik dan menunjukkan bahwa akun itu adalah akun asli mereka sendiri. Tak hanya itu, secara tidak sadar logo ini mampu memberikan pengaruh tidak langsung seperti akun dan nama kita yang semakin dikenal banyak orang.

Lantas bagaimana caranya mendapatkan centang biru layaknya publik figur seperti selebriti, politisi dan orang ternama lainnya?

Seakan ingin menyaingi Twitter, Meta, perusahaan induk Facebook, Luncurkan layanan berlangganan baru yang disebut Meta Verified. Layanan ini menawarkan pengguna tanda centang biru di akun Instagram dan Facebook, layanan ini dibanderol dengan harga USD11.99 (sekitar Rp182 ribu) per bulan untuk pengguna web dan USD14.99 (sekitar Rp230 ribu) per bulan di iOS Apple dan memungkinkan pengguna untuk memverifikasi identitas mereka menggunakan kartu identitas yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Meta lebih lanjut menyatakan bahwa layanan berlangganan ini juga akan menawarkan "peningkatan visibilitas dan jangkauan”, meningkatkan perlindungan terhadap serangan hacker, dan memberikan pelanggan akses langsung ke dukungan pelanggan/customer support.

Dikutip iNewskaranganyar.id dari laman Instagram Help Center, pengguna yang ingin berlangganan Meta Verified harus berusia 18 tahun.

Hal tersebut dibuktikan dengan verifikasi ID Card dari pemerintah atau KTP yang sesuai dengan nama dan foto yang dimiliki pada akun tersebut.  Untuk saat ini, produk Meta Verified hanya mendukung nama asli untuk dipasang di profil pengguna.

Selain itu, syarat dan ketentuan kelayakan minimum untuk berlangganan Meta Verified adalah sebagai berikut:

Akun Instagram harus dalam keadaan akun publik atau pribadi yang memiliki nama lengkap, memiliki foto profil dengan menyertakan wajah. Sudah mengaktifkan autentikasi dua faktor yang digunakan untuk menyelesaikan pembayaran.

Memenuhi persyaratan aktivitas minimum seperti riwayat posting, komentar, aktivitas menyukai postingan lain, dan sebagainya. Memiliki tanda pengenal resmi yang sesuai dengan nama di profil dan foto profil.

Perlu diperhatikan, setelah profil Instagram sudah diverifikasi oleh Meta, kamu tidak bisa mengubah username Instagram, nama profil, dan tanggal lahir yang sudah dipasang.

Jika kamu memiliki dua akun Instagram, akun lainnya yang tidak diverifikasi dapat dinonkatifkan karena dianggap akun peniru. 

Untuk menghindari hal tersebut, masukkan tautan akun lainnya pada akun yang akan diverifikasi.

Sang CEO, Mark Zuckerberg, menjelaskan mengenai layanan ini "Minggu ini kami mulai meluncurkan Meta Verified - layanan berlangganan yang memungkinkan anda memverifikasi akun anda dengan kartu identitas yang dikeluarkan oleh pemerintah, mendapatkan lencana biru, mendapatkan perlindungan ekstra dari peniruan akun yang mengaku sebagai Anda, dan mendapatkan akses langsung ke dukungan pelanggan. 

Fitur baru ini adalah untuk meningkatkan keaslian dan keamanan di seluruh layanan kami." ungkap Zuckerberg.

Meta secara tradisional memilih untuk tidak membebankan biaya kepada pelanggannya untuk sebagian besar layanannya selama lebih dari 15 tahun sejak didirikan. 

Namun, pendapatan perusahaan mulai menurun secara drastis dalam beberapa tahun terakhir setelah keputusan Apple untuk memperkenalkan perubahan privasi yang ketat di iOS.

Langkah ini mengurangi kemampuan Meta untuk melacak aktivitas internet para pengguna, dan Meta telah memperkirakan bahwa hal tersebut membuat perusahaan kehilangan pendapatan iklan lebih dari $10 miliar pada tahun 2022.

Tanda centang biru sebelumnya diperuntukkan bagi figur publik seperti selebriti, atlet olahraga, dan sebagainya. Namun, layanan berlangganan milik Meta ini bertujuan untuk memperluas akses ke verifikasi, sehingga pengguna dapat benar-benar memercayai akun yang otentik. ***

Editor : Ditya Arnanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network