Sosok Gus Dur saat Jadi Mahasiswa di Mesir, Ingin Kepiting Malah Diberi Tang

Solichan Arif
Sosok Kharismatik Almarhum mantan Presiden RI Abdurahman Wahid atau Gus Dur punya cerita tersendiri saat di Mesir. Foto: ilustrasi/iNewsbadung.id

KARANGANYAR, iNews.id - Sosok KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dikenal sebagai sosok yang humoris. Banyak spontan dan lucu terucap dari Gus Dur yang bisa mengundang gelak tawa. 

Ada kisah unik dimana Gus Dur yang saat itu masih kuliah di Mesir. Kala itu Gus Dur asyik bersantap bersama di mess mahasiswa, Gus Dur nyeletuk soal kepiting dan catut. 

“Di sini (Mesir), yang namanya kepiting itu ternyata catut (tang),” ucap Gus Dur seperti dikutip dari buku Presiden Dur Yang Gus Itu, Jumat (2/9/2022).

Saat itu, para mahasiswa asal Indonesia sontak heran mendengar celotehan Gus Dus. Di benak mereka kepiting dan tang dua benda beda.

Kepiting adalah binatang berkaki sepuluh yang hidup di laut, terutama di kawasan pantai, berpunggung keras warna hijau kehitaman, memiliki supit tajam, dan biasa dihidangkan sebagai sea food. Sedangkan catut atau tang merupakan alat penjepit atau pencabut paku yang biasa dipakai para tukang bangunan.

Namun Gus Dur tetap ngotot bahwa kepiting dan catut itu sama.  Gus Dur pun membeberkan asal-usulnya. Dia bercerita, awal berada di Mesir iseng pergi ke pasar untuk mencari kepiting.

Saat itu dirinya belum tahu bahasa Arabnya kepiting. Di depan pedagang pasar, Gus Dur hanya bisa memperagakan kepiting dengan bahasa isyarat.

Si pedagang menyimak sembari kepala terangguk-angguk. Tak berselang lama, dia berjalan ke belakang yang katanya hendak mengambilkan apa yang diminta Gus Dur. 

Begitu si pedagang kembali, Gus Dur terkaget campur geli. Di tangan si pedagang tidak tertenteng kepiting, melainkan sebuah catut atau tang. 

“Lha, siapa yang mau makan catut?!,” tandas Gus Dur.

Editor : Ditya Arnanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network