6 Kota Terunik dan Teraneh di Dunia, Mulai Tinggal Disamping Kuburan Hingga Tinggal dalam Gua

Novie Fauziah/Net Karanganyar
Jordan River penduduknya hanya satu orang (Foto: RCTIplus)

KARANGANYAR,iNews.id - Apa yang ada dibenak anda setelah melihat 6 Kota terunik dan teraneh di dunia ini.  Sudah pasti kalimat yang akan muncul melihat hal unik ini adalah 'Kok Bisa', 'Kok Mau'. 

Pasalnya keunikan yang dimiliki keenam kota ini bermacam-macam, dan tak pernah terduga sebelumnya. Sehingga inilah yang membuat setiap orang akan berdecak keheranan.

Di antaranya ada yang hidup seorang diri, hingga hidup berdampingan denga deretan kuburan, tionggal didalam gua dan hanya beraktifitas dalam satu gedung yang dihuni 200 penduduk. 

Berikut iNewskaranganyar.id seperti dilansir dari Okezone dari berbagai sumber.

1. Jordan River, Kanada

Jordan River merupakan kota yang dikenal memiliki pantai sangat indah, dan tenang di mana letaknya menghadap ke Samudra Pasifik. Namun demikian, kota unik ini sering kali dilanda bencana alam seperti erosi, polusi, naiknya permukaan laut, dan juga gempa bumi.

Akibatnya, hampir semua penduduk kota tersebut merasa tidak nyaman dan aman untuk tinggal di kota ini. Sehingga akhirnya memilih pergi untuk mencari wilayah lain.

Akan tetapi menariknya, ternyata Hugh Pite berusia 62 tahun yang merupakan salah satu penduduk kota Jordan River, memilih untuk tetap tinggal, masih betah dan tidak pergi meninggalkan kotanya itu.

Pite memiliki rumah di Brentwood Bay dan Jordan River yang berdekatan, dia membagi waktu antara keduanya. Sebelumnya pria tua itu sempat diingatkan agar ikut pindah bersama warga lainnya, tapi dirinya bersikeras tatap bertahan.

2. Tomioka, Jepang

Kota unik ini letaknya berada di kawasan, yang mana sebenarnya masih zona terlarang karena ada PLTN (pembangkit listrik tenaga nuklir) Fukushima.

Pada Maret 2011 silam, PLTN ini terkena gempa dan tsunami sehingga rusak dan menyebabkan kota terkontaminasi. Ratusan ribu penduduk dievakuasi ,karena daerah dalam radius 20 kilometer dianggap sebagai daerah terlarang.

Namun Naoto Matsumura memilih tetap bertahan di kota berbahaya tersebut. Pria berusia 50 tahun itu, menjadi satu-satunya penduduk yang kembali lagi dari 16 ribu orang yang pernah tinggal di sini.

Dia tinggal di kawasan tanpa aliran air dan listrik, namun Matsumura tetap bertahan untuk merawat lahan dan hewan terlantar.

3. Roswell, Amerika Serikat

Barangkali Anda merasa asing dengan nama Roswell, salah satu kota di New Mexico, Amerika Serikat. Apalagi wilayah ini juga dijuluki sebagai kota Alien, membuatnya semakin aneh.

Roswell sendiri merupakan salah satu kota terunik di dunia yang tak memiliki perbedaan secara signifikan. Namun, satu yang membuatnya tersohor adalah legenda UFO berisi alien yang pernah mendarat di sana.

Konon pada sekitar Juni atau Juli tahun 1947, terdapat laporan yang mengabarkan, bahwa terdapat pesawat luar angkasa alias UFO jatuh di sekitar Roswell.

Semenjak itu, insiden jatuhnya UFO ini menjadi pembahasan kontroversi dan dikaitkan dengan sejumlah teori konspirasi. Maka jika Anda berkunjung ke Kota ini akan mendapati sejumlah patung alien.

4. Kota Gua Matmata, Tunisia

Ingin merasakan atmosfer layaknya zaman purba seperti dahulu kala? Anda bisa berkunjung ke Matmata, sebuah kota yang berada di Tunisia.

Matmata merupakan sebuah kota kecil berbahasa Berber di Tunisia Selatan. Beberapa penduduk lokal hidup dalam struktur tradisional ala troglodyte, alias hidup di bawah tanah dalam gua.

Pada 2004 silam, Matmata memiliki populasi sebanyak 2.116 jiwa. Bagi Anda penggemar Star Wars, tentunya tak akan asing lagi dengan kota unik di dunia yang satu ini.

Matmata adalah latar tempat Tatooine, planet asal sang ksatria jedi Luke Skywalker. Hampir seluruh penduduk Matmata tinggal di dalam rumah yang berada dalam gua.

5. Colma, California, Amerika Serikat

The City of Death atau kota mati. Julukan tersebut nampaknya memang pas untuk menggambarkan Colma, di wilayah San Mateo, California. Kota ini hanya memiliki 1.000 penduduk yang hidup, sementara sisanya telah meninggal dunia dan dimakamkan di 16 kawasan pemakaman.

Jenazah yang dimakamkan di Colma bukan berasal dari penduduk lokal, melainkan jenazah dari luar kota, termasuk San Fransisco. Di kota ini terdapat lebih dari 1,5 juta kuburan. Bahkan warga setempat pun hidup berdampingan dengan kuburan-kuburan tersebut.

6. Kota Whittier, Alaska

Merasakan yinggal di satu gedung yang sama mungkin terdengar biasa. Akan tetapi, bagaimana jadinya kalau seluruh penghuni gedung tersebut adalah penduduk satu kota?

Bahkan sampai segala kegiatan seperti sekolah, perkantoran, supermarket, gereja, kantor polisi, hingga penginapan pengunjung, semuanya disediakan di satu atap yang sama.

Kota yang dimaksud adalah Whittier, sebuah wilayah yang berada di negara bagian Alaska, sejauh 93 kilometer dari Anchorage. Penduduknya pun hanya 200 orang dan mereka tinggal bersama-sama dalam sebuah gedung 14 lantai yang dulunya merupakan barak militer.

Di sini hanya ada satu terowongan yang digunakan untuk masuk dan keluar kota. Terowongan itu dibuka dua kali tiap jam dan ditutup pada malam hari.

Editor : Ditya Arnanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network