Berasal Salon,Johnny Andrean Sukses Kembangkan J.CO Donuts & Coffee di Asia

Ratih Ika Wijayanti/Net
Berawal dari bisnis salon sukses kembangkan J.CO (Foto: Instagram)

KARANGANYAR, iNews.id - Hampir semua orang sudah familiar dengan brand J.CO Donuts & Coffee.

Waralaba donat dan kopi ini sudah memiliki nama besar tak hanya di Indonesia, tapi juga di luar negeri.

Tapi tahukah siapa sosok dibalik kesuksesan J.CO ini? Ya, dialah Johnny Andrean sosok dibalik nama besar J.CO.

Kisah sukses Johnny Andrean pendiri J.CO menginspirasi banyak orang. Johnny Andrean membuka bisnis J.CO Donuts & Coffee ini sejak 2005 hingga akhirnya bisnis ini mendunia.

Gerainya sudah tersebar di seluruh Indonesia dan negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, China, dan Filipina. 

Namun, siapa sangka sebelum bisnis donatnya mendunia, sang pendiri justru memulai bisnisnya dari sebuah salon potong rambut.

Penasaran, bagaimana kisah sukses Johnny Andrean pendiri J.CO? Simak ulasan lengkap IDXChannel berikut ini!

Kisah Sukses Johnny Andrean Pendiri J.CO

Johnny Andrean merupakan seorang pengusaha sukses di Indonesia. Ia berhasil mengembangkan tiga bisnis andalannya yakni Johnny Andrean Salon, Franchise BreadTalk, dan J.CO Donuts & Coffee.

Ketiga bisnisnya ini kini menjadi bisnis besar. Bahkan, J.Co Donuts & Coffee saat ini telah tersebar hingga ke mancanegara.

Namun siapa sangka, sebelum meraih kesuksesan seperti sekarang, Johnny Andrean memulai ketiga bisnisnya ini dari nol. Ia sendirilah yang menjadi pendiri sekaligus pionir dari bisnis tersebut. 

Memulai Bisnis dari Salon Rambut

Bisnis pertama Johnny Andrean adalah usaha salon potong rambut.

Salon ini pertama kali dimulai Johnny pada 1980 di ujung Jakarta Utara. Ia memilih memulai usaha ini berbekal kemampuan yang didapatkannya dari sang ibu. 

Jatuh bangun harus dilalui oleh Johnny Andrean dalam mengembangkan usaha salon ini. 

Pasalnya, usaha salon potong rambut pada saat itu belum begitu banyak diminati.

Hal terberatnya kala itu adalah mempertahankan para pekerjanya yang merupakan hair stylist agar tak pindah ke salon lain. 

Persaingan bisnis di bidang ini sangat ketat kala itu. Apalagi, setelah krisis moneter melanda pada 1998, Johnny harus mengalami kerugian besar karena 19 cabang salonnya turut menjadi objek penjarahan pada Mei 1998

Namun, berkat ketekunannya dan jiwa optimisnya yang tinggi, Johnny pun berhasil mengembangkan kembali bisnis salon ini hingga bertahan sampai saat ini.

Kemampuan hair stylist Johnny pun sangat terkenal. Ia bahkan mendapat julukan ‘Johnny si Tukang keramas’.

Menjajal Bisnis Franchise BreadTalk

Setelah sukses dengan bisnis salonnya, Johnny pun merambah ke bisnis franchise kuliner.

BreadTalk merupakan perusahaan di bidang bakery yang dipilihnya. Melihat peluang dan peminat BreadTalk yang sangat tinggi, Johnny pun tertarik untuk membeli franchise dari perusahaan asal Singapura ini. 

Johnny pun memulai usahanya sejak Maret 2003 dengan gerai pertama di Mall Kelapa Gading, Jakarta.

Berbagai inovasi pun dilakukan Johnny untuk membesarkan usahanya ini. Ia membuat konsep bisnis dengan menampilkan dapur pembuatan roti sebagai bagian dari display.

Sehingga, konsumen bisa melihat sendiri proses pembuatan roti yang higienis dengan aroma roti yang bisa terhidu langsung oleh pelanggan.

Johnny Andrean berhasil mengembangkan BreadTalk ini dengan omzet yang selalu tinggi. 

Membangun Bisnis J.CO Donuts & Coffee

Kisah sukses Johnny Andrean pendiri J.CO tentu tidak terlepas dari keberhasilannya merintis dan menjadi pionir dari usaha kuliner yang satu ini.

Berbekal ilmu waralaba dari BreadTalk, Johnny pun mengembangkan bisnis kulinernya sendiri. J.CO Donuts & Coffee merupakan bisnis ala rintisan seorang Johnny Andrean. 

Gerai pertama J.CO Donuts & Coffee dibuka pada 2005. Bisnis ini pun menjadi waralaba lokal restoran cepat saji yang banyak diminati.

Mengusung konsep waralaba dari luar negeri, J.CO mejual beberapa produk unggulan seperti donat, coffee, tea, sandwich, dan yoghurt. 

Johnny Andrean berani membawa J.CO Donuts & Coffee ini ke dalam konsep restoran cepat saji modern dengan open kitchen (dapur terbuka) yang pada saat itu masih tergolong konsep baru di Indonesia.

Open kitchen (dapur terbuka) merupakan konsep bisnis di mana konsumen akan disajikan penampakan langsung proses pembuatan produk-produk yang akan dijual.

Konsep inilah yang kemudian membuat J.CO Donuts & Coffee memiliki ciri khas tersendiri di Indonesia. 

Produknya pun laris manis dan banyak diminati. Hingga saat ini, J.CO Donuts & Coffee telah memiliki lebih dari 100 gerai di seluruh Indonesia. Tak hanya itu, gerai J.CO Donuts & Coffee pun tersebar hingga ke negara tetangga seperti Malaysia, China, Singapura, serta Filipina.

Itulah ulasan mengenai kisah sukses Johnny Andrean pendiri J.CO yang berhasil dirangkum iNewskaranganyar.id dari IDXChannel dari berbagai sumber.

Berkat ketekunan dan kerja kerasnya, Johnny sukses membangun berbagai bisnisnya. Bahkan, salah satu bisnisnya sukses masuk ke pasar internasional.

Editor : Ditya Arnanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network