Sejarah Panjang Burger King, Ternyata ini Pemilik Restoran Cepat yang Bikin Heboh di Jagat Maya

Rizki Setyo Nugroho
Pemilik burger king restoran cepat saji asal Amerika (Foto: Instagram)

KARANGANYAR,iNews.id - Burger King salah satu restoran cepat saji asal Amerika tersebut memiliki cukup banyak cabang di kota-kota besar Indonesia.Tapi tahukah anda siapa sebenarnya pemilik Burger King ini sebenarnya?

Awalnya, Burger King bernama Insta-Burger King. Restoran ini identik dengan menu makanan andalannya, yaitu burger dan kentang goreng. Namun, Burger King juga menyediakan menu selain burger, seperti ayam maupun minuman soda.

Burger King pertama kali mendirikan gerainya di Indonesia pada 20 Desember 1986, berada di jalan MT Haryono, Tebet Barat, Jakarta Selatan. Gerai tersebut sempat tutup pada 1998 karena terdampak krisis moneter yang melanda Indonesia pada tahun tersebut. Lalu, sebenarnya siapa pemilik Burger King di Indonesia dan sejarahnya sebagai perusahaan makanan cepat saji?

Burger King didirikan pertama kali pada tahun 1953 dengan nama Insta-Burger King. Pendiri dari Insta-Burger King sendiri adalah Keith J. Kramer dan Matthew Burns.

Sayangnya, Insta-Burger King mengalami kesulitan finansial pada 1954, yang membuat David Edgerton dan James McLamore membeli perusahaan tersebut dan mengubah namanya menjadi Burger King yang kita kenal sekarang.

Burger King sudah mengalami banyak sekali pergantian kepemilikan karena merupakan sebuah perusahaan terbuka yang melantai di bursa efek.

Pemilik Burger King Indonesia

Di Indonesia sendiri, gerai Burger King cukup banyak dijumpai di beberapa kota besar Indonesia. Saat krisis moneter melanda pada 1998, Burger King Indonesia dioperasikan oleh PT Bekasari Pratama Food (salah satu kelompok usaha yang juga memiliki PT Fast Food Indonesia, pemilik waralaba KFC Indonesia). 

Editor : Ditya Arnanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network