Simak Alasan Mengapa Indomaret dan Alfamart Tak Bisa Menggurita di Padang, Patut Dicontoh!

Asthesia Dhea Cantika
Mengapa Alfamart dan Indomaret tak bisa menggurita di Padang (Foto: Pixebay)

PADANG,iNews.id - Hampir semua daerah waralaba satu ini pasti bisa ditemukan. Bahkan dipelosok desa sekalipun, waralaba Indomaret dan Alfamart bisa ditemukan.

Namun, hanya ada satu kota di Indonesia gurita dua waralaba ini tak bisa ditemukan. Saat berkunjung di wilayah Sumatera Barat terutama Padang, Anda tak akan menemukan kedua minimarket populer itu. Bisa dikata, jangan berharap bisa menemukan Indomaret dan Alfamart didaerah ini, kok bisa?

Mengapa Tidak Ada Indomaret dan Alfamart di Padang?

Padang termasuk salah satu gerbang pintu gerbang barat Indonesia dari Samudra Hindia dalam bidang perdagangan. Tak heran jika kota satu ini banyak dikunjungi, baik yang berbisnis maupun berwisata.

Meski memiliki tempat yang strategis, usut punya usut, ternyata pemerintah daerah (Pemda) Sumatera Barat tidak memberikan izin kepada perusahaan waralaba tersebut.

Izin tak diberikan sebab dikhawatirkan akan mematikan bisnis kecil dan pedagang tradisional di daerah Padang. Kehadiran kedua minimarket ini dipercaya pemerintah setempat dapat merusak ekonomi daerah Sumatera Barat dalam jangka panjang.

Selain itu, dikhawatirkan masyarakat akan lebih tertarik untuk mengunjungi toko modern dengan barang-barang lengkap dan harga jual pasti.

Nyatanya kebijakan ini mendapatkan respon positif dari berbagai kalangan di luar Sumatera Barat. Dengan begitu, diharapkan pengusaha lokal dapat bergerak di bidang ritel untuk mengambil peluang tersebut.

Pemda dan masyarakat Sumatera Barat juga meyakini bahwa warga lokal akan mampu membuat bisnis modern retail outlet (MRO) semacam toserba yang dimiliki oleh perorangan tanpa adanya kehadiran kedua ritel waralaba tersebut. Apalagi orang Minang dikenal sebagai pelaku bisnis dengan kebiasaan berdagang sejak zaman dulu.

Demikian alasan mengapa tidak ada Indomaret dan Alfamart di Padang, Sumatera Barat. Kebijakan pemda Sumbar ini layaknya diikuti oleh pemda kota maupun kabupaten lain guna mendukung UMKM.

Editor : Ditya Arnanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network