get app
inews
Aa Read Next : Gibran Ngaku Dapat Banyak Selamat Termasuk Dari Petinggi PDIP

Heboh, Mobil Alphard Berplat AD 373 S, Ternyata Pemiliknya Bukan Orang Sembarangan

Jum'at, 13 Mei 2022 | 11:31 WIB
header img
Mobil berplat cantik ini ternyata pemiliknya buka orang sembarangan (Foto: Ist)

SOLO, iNews.id - Mobil mewah Toyota Alphard berplat nomer AD 373 S mendadak viral di Media Sosial. 

Sontak mobil berplat cantik itu menjadi perbincangan publik. Pasalnya bila di baca secara utuh mobil berplat khusus itu seperti 'Etes' nama cucu dari Presiden Joko Widodo, yang juga putra dari Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda, Jan Ethes Srinarendra.

Pada wartawan, Gibran tak menampik bila mobil itu punya putranya Jan Ethes. Mobil itu hadiah dari dirinya pada sang anak.

Gibran mengaku heran, mengapa mobil berplat nama anaknya itu menjadi viral di Medsos. Pasalnya, bagi dirinya tak ada yang istimewa dari plat nomer tersebut dan mobil itu merupakan mobil lama.

"Mobil lama itu, wong setiap hari Ethes sekolah juga pakai mobil itu. La ngopo ( kenapa) viral? itu mobil  lawas (lama)," papar Gibran di Lodji Gandrung, Solo.

Gibran menjelaskan bila mobil itu sudah lama dibeli, jauh sebelum dirinya terpilih menjadi Walikota Solo.

"Plat nomer dari dulu juga begitu, itu asli dari dulu. Cek saja di Samsat. Sebelum pencalonan wes duwe (sudah punya). Itu mobil sendiri, mobil pribadi,"ujar Gibran.

Terpisah, Kepala Unit Pelayanan Pajak Daerah (UPPD) Solo, Sri Winarno, mengatakan proses pendaftarannya nomor cantik tersebut sudah sejak tahun 2019 lalu.

"Hal itu bisa dilihat di aplikasi Sistem Administrasi Kendaraan Pajak Online (Sakpole). Pajak tahunannya jatuh pada bulan Desember 2022 mendatang," jelasnya.

Winarno juga mengatakan plat nomer cantik tersebut bisa diperpanjang setelah lima tahun dengan ada biaya tertentu. Hal ini sudah sesuai dengan ketentuan dari Polri tentang biaya pembuatan nomor cantik. Tetapi dirinya enggan membeberkan berapa besar biayanya.

"Sudah ada ketentuan biayanya, tiga nomor berapa, dua nomor itu berapa selama lima tahun. Penggunaan nomor itu lima tahun ke depan dan bisa diperpanjang," jelasnya lagi.

Sama seperti Gibran, Winarno juga heran, mengapa baru sekarang play nomer mobil milik kakak dari Khayang Ayu dan Kaesang Pangarep baru booming. Padahal sudah sejak 2019 proses pendaftarannya.

"Untuk alur pendaftaran dan pembuatan tetap sama seperti yang lain tidak ada perlakuan khusus," katanya.

Seperti alur pengajuan nomer khusus lainnya, alur plat nomer khusus Gibran inipun sama, yakni datang terlebih dahulu ke Satlantas.

Setelah mendapatkan nomor yang diinginkan, baru nanti didaftarkan di Samsat. Setelah dicek apakah nomor cantik tersebut belum digunakan oleh orang lain.

"Pendaftaran lewat Satlantas di bagian BPKB, untuk dicek apakah nomer sudah digunakan orang lain atau belum. Jika belum, maka akan dibawa ke Samsat untuk didaftarkan pajaknya,"terangnya.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut