get app
inews
Aa Read Next : Pemudik Padati Stasiun Malang, Sebanyak 8.952 Penumpang Diberangkatkan di H-6 Lebaran 

Tak Tersentuh Pemkab, Tiga Polres di Bengkulu Turun Tangan Tambal Jalan Berlobang

Kamis, 21 April 2022 | 15:17 WIB
header img
Jalan rusak di tiga kabupaten di Bengkulu ini tak tersentuh pemkab membuat tiga polres diwilayah itu berinisiatif menambal jalan sendiri (Foto: Demon Fajri/MPI)

BENGKULU, iNews.id - Jajaran Polres, Polda Bengkulu, berinisiatif melakukan penambalan jalan berlubang di wilayahnya masing-masing secara swadaya dan sumbangan masyarakat di Provinsi Bengkulu.

Inisiatif yang dilakukan sejumlah Polres ini mengingat makin dekatnya arus mudik lebaran. Namun masih banyak ditemukan jalan rusak di sejumlah ruas jalan daerah itu yang akan dilalui pemudik

Dalam dua hari terakhir setidaknya tiga Polres berinisiatif menambal jalan rusak bersama masyarakat. Ketiga Polres itu, Polres Kota Bengkulu, Polres Bengkulu Tengah dan Polres Rejang Lebong. 

"Penambalan jalan ini dilakukan inisiatif bekerjasama dengan masyarakat. Lubang-lubang di jalan raya sangat membahayakan maka kita tambal dengan semen," kata Kasat Lantas Polres Kota Bengkulu, Polda Bengkulu, AKP. Perdhana Mahardika, Kamis (21/4/2022). 

"Kegiatan ini juga dilakukan untuk mengurangi jalan rusak sebagai antisipasi menekan angka kecelakaan saat arus mudik lebaran nanti," sambung Perdhana.

Di mana ukuran lubang jalan berhasil ditambal rerata lebar jalan rusak sekitar 40 centimeter hingga 60 centimeter, dengan kedalaman beragam. 

Kerusakan jalan kerap memakan korban jiwa. Polisi berharap penambalan jalan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik dan masyarakat. 

Tidak hanya Polres Bengkulu. Hal serupa juga dilakukan Polres Bengkulu Tengah. Polres Bengkulu Tengah arus mudik lebaran diprediksi bakal tinggi memasuki daerah itu. 

Mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas menjelang arus mudik Idul Fitri 1443 H tahun 2022, Polres Bengkulu Tengah, melakukan perbaikan dibeberapa titik jalan badan jalan yang rusak di Kabupaten Bengkulu Tengah. 

Pantauan sejumlah anggota Satlantas turun tangan mencangkul dan meratakan batu pecah bercampur semen pada bagian jalan yang rusak dan berlubang. 

Kapolres Bengkulu Tengah AKBP. Ary Baroto melalui Kasat Lantas Polres Bengkulu Tengah, Iptu Wijayanto, saat memimpin kegiatan menjelaskan perbaikan dengan sistem tambal ini untuk memberikan kenyamanan serta keamanan bagi pemudik yang akan melakukan perjalanan mudik. 

”Ini bentuk kepedulian kami selaku personel Polri khususnya Polres Bengkulu Tengah dalam meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengendara di jalan lintas Bengkulu – Kepahiang Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah," ujar Wijayanto.

Dengan penambalan ini, dia berharap, dapat bermanfaat bagi masyarakat sehingga menambah kenyamanan pengendara pada saat mudik tahun ini. 

Tak hanya di Kabupaten Bengkulu Tengah, kegiatan penambalan jalan berlubang juga dilaksanakan di Polres-Polres jajaran Polda Bengkulu. 

Selanjutnya, Satlantas Polres Rejang Lebong Polda Bengkulu menamai aksi penambalan jalan dengan kegiatan bertajuk "Gertak Tambang" atau "Gerakan Tambal Lubang". Bentuk kegiatan ini adalah melakukan perbaikan jalan di sejumlah titik ruas jalan lintas provinsi di Kabupaten Rejang Lebong, Rabu (20/4/2022). 

Perbaikan jalan dipimpin langsung oleh Kasat Lantas AKP Radian Andy Pratomo. 

"Kegiatan ini dilakukan serentak oleh seluruh Sat Lantas Polres Jajaran Polda Bengkulu. Adapun titik-titik yang dilakukan penambalan yaitu dalam Kota Curup, bundaran Pasar Bang Mego, traffic light bundaran Sukowati, dan bundaran Simpang Nangka jalur lintas kabupaten yaitu jalan Curup-Lebong, dan jalur lintas provinsi Curup-Lubuklinggau," kata Kapolres Rejang Lebong AKBP Tonny Kurniawan melalui Kasat Lantas AKP. Radian Andy Pratomo.

Editor : Bramantyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut