get app
inews
Aa Read Next : NASA Kembangkan Robot Renang Senilai Rp9 Miliar, Deteksi Kehidupan Alien di Luar Angkasa

NASA Perkenalkan Industri Luar Angkasa ke Indonesia

Minggu, 05 Mei 2024 | 21:46 WIB
header img
NASA perkenalkan produk luar angkasa yang jadi potensi Indonesia untuk masuk dalam industri aerospace, Minggu (5/5/2024) di Solo Technopark (Foto : iNewskaranganyar / Lituhayu)

Solo, iNewskaranganyar - NASA (National Aeronautics and Space Administration), VOYAGER SPACE, NASA HUNCH, OCCULLOSPACE untuk pertama kalinya memperkenalkan produk industri luar angkasa pada Indonesia.

NASA memggandeng PT Ikon Aviasi Indonesia dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memperkenalkan ekosistem penelitian luar angkasa. Dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tentang produk-produk luar angkasa di Indonesia.

NASA mensosialisasikan perkembangan induatri luar angkasa ini dalam seminar Antariksa dengan tema : Igniting ASEAN’S Space Exploration Oddyssey di Solo Techo Park, Minggu (5/5/2024).

Founder OculloSpace, Dr Franco Gan mengatakan Indonesia dipilih sebagai negara pertama dalam roadshow yang digelar oleh NASA. Rencananya NASA akan mengunjungi Malaysia, Singapura setelahnya.

"Indonesia memiliki potensi yang besar dalam perkembangan antartika. Potensi di Indonesia tidak hanya satu bidang, tetapi bisa membentuk sebuah ekosistem industri space. Seperti mulai dari pabrik, sperpart, dan semua komponen di Indonesia sudah menyediakan. Dan ini bisa berjalan dalam jangka panjang," jelas Dr. Franco pada seminarnya.

Franco menyampaikan untuk memulai industri luar angkasa butuh proses yang panjang. Maka Indonesia harus mempersiapkan mulai sekarang. Dengan mengenalkan secara kontinue lewat jalur pendidikan.

"Kita bangun dari sekarang mulai dari NASA HUNCH project dan  OCCULLOSPACE. Mulainya dari dunia pendidikan, semua siswa dari TK hingga perguruan tinggi membicakan soal antariksa. Kita mulai dengan berjalan step by step," tandasnya. 

Vice President of NASA HUNCH (USA) Program, Scott Rodriguez menyampaikan  misi NASA HUNCH untuk memberdayakan dan menginspirasi siswa melalui program 'Pembelajaran Berbasis Proyek'.

"Program tersebut memberi kersempatan siswa sekolah mengembangkan keterampilan dan memiliki kesempatan untuk meluncurkan aplikasi mereka melalui partisipasi dalam desain dan pembuatan produk bernilai nyata untuk NASA," kata Scott.

Untuk memulai itu, lanjutnya, harus menambah sistem edukasi di Indonesia tentang antariksa saat ini.

"Langkah sederhana yang bisa diambil adalah dengan meningkatkan ketertarikan para siswa di sekolah menengah. Tentang space industri sebelum nantinya mereka dapat mengimplementasikan di jenjang perguruan tinggi," ungkapnya.

NASA HUNCH sendiri saat ini telah memiliki kurang lebih 500 program di 190 Sekolah Menengah Atas, dengan jumlah siswa 3.200 di 5 pusat NASA. Program tersebut tersebar di 37 negara bagian di Amerika Serikat. Mereka merancang, mengembangkan, dan memberikan penerbangan luar angkasa, pelatihan, dan produk informasi kepada NASA, dan telah berjalan sejak tahun 2003.

Ada 8 bidang fokus utama yang dikembangkan oleh NASA HUNCH yakni.
• Perangkat Keras (Pemesinan Presisi)
Softgoods (Artikel Penerbangan)
• Desain & Prototipe
• Konfigurasi Penerbangan
• Kuliner (Ilmu Pangan)
• Video & Media
• Perangkat lunak
• Ilmu biomedis

Salah satu pemateri, Dewan Pengarah BRIN Prof Dr Ir Marsudi Wahyu Kisworo berharap potensi sumber daya angkasa di Indonesia sebagai salah satu sumber ekonomi yaitu space ekonomi.

"Kalau kita bicara space ekonomi itu bukan hanya bicara mengenai roket. Ternyata ada industri sporting mulai dari makanan, baju astronot, obat (medis)  itu sebenarnya bisa diproduksi di indonesia. Jadi industri itu yang harus di bangkitkan untuk mendukung kegiatan-kegiatan luar angkasa. BRIN kedepan harus mengeksplorasi sumber daya angkasa ini," jelasnya.

Marsudi mengatakan kedepan pemerintah akan melibatkan universitas untuk melakukan penelitian dan mewujudkan industri space di Indonesia.

"Ternyata kalau bicara soal industri space itu tidak hanya bicara soal satelit dan roket, bahkan sederhana mulai dari tas nya astronot, sepatunya astronot, makanannya," katanya.

Sementara itu, mewakili universitas di Solo, Rektor UNSA Astrid Widayani  menambahkan industri ini tidak hanya sekadar aero space tetapi juga ilmu teknik secara umum industri yang lain.

"Kalau dulu kita tidak sampai berpikir ke sana kayaknya Indonesia tidak pernah punya Astronot. Tapi ternyata yang disampaikan hari ini oleh NASA banyak industri yang bisa kita kerjakan. Mulai perlengkapan, peralatan bahkan sampai katering makanan untuk astronot. Banyak sekali yang bisa dikolaborasikan dengan perguruan tinggi," pungkas Astrid. 

Editor : Puspita Priska Lituhayu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut