get app
inews
Aa Read Next : Pimpin Apel di Hari Terakhir Operasi Ketupat Candi, Kapolda Jateng Irjen Luthfi Pamitan

Kisah Irjen Luthfi, Jenderal Polisi Non-Akpol kenyang tugas di Jateng, Jabat Kapolda Bertahun-tahun 

Rabu, 17 April 2024 | 08:00 WIB
header img
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi

SEMARANG,iNewskaranganyar.id – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jateng Irjen Pol. Ahmad Luthfi memimpin apel pagi di Lapangan Mapolda Jateng, Kota Semarang, Selasa (16/4/2024). 

Di hari terakhir Operasi Ketupat Candi 2024, dia memimpin acara halal bihalal Polda Jateng, mengucapkan terimakasih pada anggotanya sekaligus “berpamitan”.

“Karena pada bulan November nanti saya pensiun, saya sangat menikmati momen kebersamaan ini dengan seluruh anggota sekalian,” kata dia. 

Irjen Luthfi memang pada 22 November mendatang genap berusia 58 tahun. Usia pensiun bagi anggota Polri. 

Operasi Ketupat Candi 2024 ini, yang merupakan operasi kemanusiaan untuk arus mudik dan balik Lebaran, akan berakhir pukul 24.00 WIB malam nanti. 

Luthfi sudah tercatat kali ke-5 memimpin Operasi Ketupat Candi di Jawa Tengah ini, termasuk saat ada pandemi Covid-19. 

Jumlah itu dihitung sejak 1 Mei 2020 ketika Kapolri saat itu Jenderal Polisi Idham Azis mengeluarkan keputusan bernomor ST/1337/V/KEP/2020 dan ST/1338/V/KEP/2020 di mana Luthfi mendapat promosi jabatan sebagai Kapolda Jateng. Jabatan yang mentereng bagi seorang anggota Polri yang berasal dari non-Akademi Kepolisian (Akpol).

Saat itu pangkatnya masih bintang satu alias Brigadir Jenderal Polisi, jabatannya Wakapolda Jateng. Jabatan yang sudah diembannya sejak tahun 2018, ketika Lutfhi masih berpangkat Komisaris Besar Polisi yang bertugas sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Sosial Budaya di Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Polri.

Mendapat promosi jabatan Wakapolda Jateng, Luthfi otomatis pecah bintang. Luthfi menjadi Wakapolda Jateng menggantikan Brigjen Pol Indrajit yang juga promosi menjadi Kapolda Kalimantan Utara.

Ketika itu, Luthfi menjabat Wakapolda Jateng, mendampingi Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono yang merupakan alumni Akpol 1984. Condro naik jadi bintang 3 ke Mabes Polri menjabat Kepala Baharkam, posisi Kapolda Jateng diisi Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, alumni Akpol 1988 yang kini menjabat Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). 

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut