get app
inews
Aa Read Next : Benarkah Arti Mimpi Hadiri Pernikahan Suatu Pertanda Baik Atau Sebaliknya?

14 Arti Mimpi Gigi Goyang, Apa Suatu Pertanda Bakal Ada yang Meninggal?

Senin, 11 Desember 2023 | 19:00 WIB
header img
14 Arti Mimpi Gigi Goyang, Apa Suatu Pertanda Bakal Ada yang Meninggal? (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewskaranganyar.id - Mimpi diartikan sebagai bunga tidur. Namun mimpi adalah bunga tidur yang penuh arti dan makna.

Tak heran mimpi hadir dengan berbagai macam warna warninya. Ada yang mimpi kebahagiaan ada pula mimpi tentang kesedihan. Tapi ada juga mimpi mengerikan hingga mimpi bercinta. Dan kebanyakan saat terbangun, bakal menanyakan arti mimpi dan maknya. 

Salah satu mimpi yang kerap menimbulkan pertanyaan serta kecemasan setelah terbangun dari tidur yaitu mimpi gigi copot atau goyang, yang membuat kita bertanya-tanya apa maknanya.

Dikutip dari NU Online, ulama pakar tafsir mimpi, Ibnu Sirin dalam kitabnya Tafsir al-Ahlam menjelaskan arti mimpi gigi yang copot atau goyang dengan berikut ini:

وحركة بعض الأسنان دليل على ما هو تأويله في المرض وسقوطه وضياعه دليل على موته أو غيبته عنه غيبة من لايعود إليه 

Artinya: Mimpi sebagian gigi goyang (Jawa: oglak-aglik) menunjukkan arti ada seseorang yang sakit. Sedangkan mimpi copotnya gigi atau hilangnya gigi menunjukkan matinya seseorang atau perginya seseorang layaknya perginya orang yang tak akan kembali padanya (Ibnu Sirin, Tafsir al-Ahlam, halaman 110).

Siapa orang yang sakit atau meninggal dalam tafsir mimpi itu? Tergantung bagian gigi mana yang goyang atau copot dalam mimpi tersebut. Masing-masing dari bagian menunjukkan spesifikasi orang yang berbeda. 

1. Jika gigi bagian atas, berarti yang akan meninggal atau sakit adalah anggota keluarganya yang laki-laki.

2.  Jika gigi bagian bawah, berarti anggota keluarganya yang perempuan.

3. Jika gigi taring copot maka itu berarti orang yang dituakan atau menjadi kepala keluarga di rumahnya.

4.  Jika gigi seri bagian kanan maka itu berarti ayah.

5. Jika gigi seri bagian kiri maka itu berarti paman.

Namun jika keduanya, ayah dan paman (poin 4 dan 5) sudah meninggal maka kedua gigi tersebut berarti saudara laki-laki atau anak laki-laki. 

Jika keduanya juga tidak ada atau telah meninggal, maka diartikan dua teman yang akrab dengan orang yang bermimpi gigi copot tersebut.

6. Jika gigi yang copot dalam mimpinya adalah gigi raba’iyah (gigi yang berada di antara gigi seri dan gigi taring) yang bagian atas maka ditakwil orang itu adalah anak dari paman.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut