get app
inews
Aa Read Next : The Manohara Hotel Yogyakarta Siapkan Lantern of Fortune Meriahkan Malam Imlek

6 Kota Terkecil Di Indonesia, Yogyakarta Masuk Urutan Berapa?

Selasa, 10 Oktober 2023 | 22:49 WIB
header img
6 Kota Terkecil Di Indonesia, Yogyakarta Masuk Urutan Berapa?

YOGYAKARTA, iNewskaranganyar.id - Jika selama ini Anda berfikir kota di Indonesia luasnya sama semua maka salah besar. Beberapa kota ini bahkan tercatat hanya seluas 10 Kilometer (km).

Kota terkecil di Indonesia akan menjadi pembahasan dalam artikel ini. Setidaknya enam wilayah yang bakal dijabarkan. 

Tapi uniknya meski kecil, beberapa kota ini dilaporkan dihuni banyak penduduk. Penasaran kota mana saja? Berikut daftarnya Kota Terkecil di Indonesia 

1. Kota Yogyakarta 

Kota Terkecil di Indonesia urutan keenam ada Yogyakarta. Kota yang memiliki luas 2,50 kilometer persegi kerap disebut kota yang sulit dilupakan. 

Terdata ada 373.589 jiwa yang menghuni pada sensus 2022. Kota ini terbagi atas 14 kemanteren yakni Danurejan, Gedongtengen, Gondokusuman,  Gondomanan, Jetis , Kotagede, Kraton, Mantrijeron Mergangsan, Pakualaman, Tegalrego, Umbulharjo dan Wirobrajan. Tempat paling ikonik di kota ini yakni Maliboro dan alun-alun utar. 

2. Kota Mojokerto

Kota Terkecil di Indonesia berikutnya berada di Jawa Timur yakni Mojokerto. Wilayah ini hanya memiliki luas 20,21 kilometer persegi. Tercatat ada  132.434 orang yang menghuni Mojokerto di tahun 2022.

Tempat ini terbagi menjadi tiga wilayah yakni Kranggan, Magersari dan Prajuritkulon. Uniknya kota ini dijuluki kota onde-onde.

3. Kota Sibolga

Kota Terkecil di Indonesia pertama ada Sibolga. Kota yang berada di bawah wilayah Provinsi Sumatera Utara ini dilaporkan hanya memiliki luas 10.77 Km persegi. Wilayah ini memiliki empat kecamatan yakni Sibolga Kota, Sibolga Sambas, Sibolga Selatan dan Sibolga Utara. Dari data BPS tercatat 89.584 jiwa pada tahun 2020. Hal yang menarik dari tempat ini, salah satu air terjunnya di Pulau Mursala menjadi lokasi syuting film King Kong tahun 2005.

4. Kota Padang Panjang

Kota Terkecil di Indonesia urutan kedua ada  Padang Panjang, Sumatera Barat. Kota ini tercatat memiliki luas 23 km persegi. 

Penghuni di wilayah ini sebanyak 59.998 orang pada tahun 2021. Wilayah ini hanya memiliki dua kecamatan yakni Padang Panjang Barat dan Padang Panjang Timur. 

Tempat wisata yang terkenal di sini yakni Perkampungan Minangkabau (Minang Village). Di tempat tersebut disajikan informasi dan dokumentasi tentang sejarah dan budaya Minangkabau.

5. Kota Bukittinggi 

Kota Terkecil di Indonesia urutan selanjutnya masih berada di Sumatera Barat yakni Bukittingi. Kota ini hanya seluas 25,239 km persegi. Wilayah ini terbagi atas 3 kecamatan yaitu Aur Birugo Tigo Baleh, Guguk Panjang dan Mandiangin Koto Selayan. Tercatat wilayah ini dihuni 121.028 jiwa di tahun 2020. Bukittinggi pun dijuluki  sebagai Kota Wisata karena banyaknya area piknik. Salah satu yang terkenal yakni Ngarai Sianok yang merupakan lembah.

4. Kota Magelang

Kota Magelang masuk daftar kota terkecil di Indonesia. Wilayah yang masuk Provinsi Jawa Tengah (Jateng) ini memiliki luas 18,54 kilometer persegi. Jumlah penduduk di tahun 2020 sebanyak 121.526 jiwa. Wilayah ini terbagi atas tiga kecamatan yakni Magelang Selatan, Magelang Tengah dan Magelang Utara. Ikon terkenal di wilayah ini yakni Candi Borobudur.

Itu dia kota terkecil di Indonesia, salah satunya sudah pernah Anda kunjungi?.***

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut