get app
inews
Aa Read Next : Kisah Mistis Menara Saidah Jakarta, Kerap Muncul Penampakan Keranda Mayit

Lima Gunung Terangker di Jawa Barat, Nomer Satu Terdapat Perkampungan Setan

Kamis, 07 September 2023 | 08:57 WIB
header img
Lima gunung di Jawa Barat ini memiliki kisah mistis yang sukses membuat bulu kuduk bergidik (Foto: Wikipedia)

SUKABUMI, iNewskaranganyar.id - Lima gunung di Jawa Barat ini memiliki kisah mistis yang sukses membuat bulu kuduk bergidik. Karena kisah mistis 5 gunung ini, ke 5 gunung ini sukses mendapat predikat angker dari masyarakat.

Berikut Daftar 5 Gunung Terangker di Jawa Barat yang Paling Menyeramkan

5. Gunung Cakrabuana 

Gunung terangker di Jawa Barat nomer lima yaitu Gunung Cakrabuwana. Gungung dengan dengan ketinggian 1721 meter dpl dan berada di tapal batas antara 3 kabupaten yaitu Kabupaten Garut (Malangbong), Kabupaten Tasikmalaya (Pagerageung) dan Kabupaten Majalengka (Lemah Sugih) ini diyakini dihuni harimau jadi-jadian yang kerab menampakan diri. Namun begitu gunung ini termasuk salah satu favorit untuk para pendaki.

4. Gunung Gede

Gunung Gede salah satu gunung berapi aktif di Jawa Barat. Gunung yang memiliki ketinggian  2.958 meter dpl ini memisahkan Kabupaten Cianjur, Bogor, dan Sukabumi.

Gunung ini termasuk salah satu gunung terfavorit para pendaki. Karena di gunung ini tumbuh bunga edelweiss. Meski begitu, masyarakat sekitar Gunung Gede meyakini area ini merupakan tempat bersemayam bang jin serta Pangeran Surya Kencana.

3. Gunung Pangrango

Gunung Pangrango merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Barat. Gunung Pangrango memiliki ketinggian 3.019 meter di atas permukaan laut. Puncaknya dinamakan Puncak Mandalawangi. Puncak Mandalawangi juga merupakan titik pertemuan batas tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi.

Gunung Pangrango salah satu gunung terangker di Jawa Barat. Kabarnya gunung Pangrango ini dikuasai oleh siluman, sehingga kerap membuat pendaki tersesat ke jalur pendakian ekstrem jika berbuat tak sopan.

2. Gunung Ciremai

Gunung terangker berikutnya di Jawa Barat yakni gunung Ciremai. Gunung Ciremai terletak diantara Kabupaten Kuningan dan Majalengka.

Gunung tertinggi di Jawa Barat ini memiliki dua kawah yang sangat menakjubkan. Namun, di balik keindahannya, ada kisah mistis yang membayangi para pendaki. 

Menurut cerita yang beredar, pendaki gunung Ciremai kerap bertemu dengan sosok mistis bernama Nyi Linggi. 

Ia bergentayangan di dalam gunung bersama dengan dua ekor macan pengikutnya. Selain itu, pendaki juga sering melihat bayangan hitam dan kuntilanak di malam hari.

1. Gunung Salak

Gunung Salah menempati posisi pertama sebagai gunung paling angker di Jawa Barat. Gunung yang berlokasi di Kabupaten Bogor dan Sukabumi, gunung Salak merupakan salah satu yang terkenal angker di masyarakat.

Keangkeran gunung Salak sudah terkenal sejak zaman kolonial Belanda. Tidak terhitung berapa banyak orang yang menghilang ketika tengah dalam pendakian.

Di gunung ini juga ada Kampung Setan yang akan terlihat ramai pada bulan-bulan tertentu. Padahal, nyatanya keramaian tersebut bukan berasal dari manusia, melainkan makhluk mistis.

Itulah lima gunung di Jawa Barat yang diyakini masyarakat yang tinggal di lereng gunung paling angker. Ikutilah berita selanjutnya di iNewskaranganyar.id.***

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut