get app
inews
Aa Read Next : Dampak Media Sosial terhadap Kehidupan Remaja Khusunya Nilai Luhur Nenek Moyang

Puluhan Batu Purbakala Ungkap Kehidupan Masa Silam Nias Masa Silam

Sabtu, 05 Agustus 2023 | 11:00 WIB
header img
Puluhan Batu Purbakala Ungkap Kehidupan Masa Silam Nias Masa Silam (MNC)

NIAS SELATAN, iNewskaranganyar.id- Puluhan benda purbakala ditemukan di Dusun 3 Desa Umbu Nias Selatan, Idanotae Kecamatan Idanotae Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara.

Setiap jenis batu tersebut memiliki fungsi dan makna tersendiri dalam keberlangsungan hidup nenek moyang suku Nias pada umumnya.

Batu megalit yang terdiri dari berbagai jenis dan bentuk itu terlihat unik, ada yang menyerupai manusia, hewan (bebek dan rusa), kursi, meja, dan lain sebagainya.

Keunikan tersebut bukan hanya sekedar hiasan semata dimasa purbakala itu, tetapi disetiap batu mempunyai fungsi dan makna tersendiri.

Puluhan benda purbakala yang ditemukan itu diperkirakan berumur 500 tahun, benda bersejarah itu berada di lahan warga milik Alisokhi Bawamenewi dan Talizonekhe Tafonao warga Dusun 3 Desa Umbu Idanotae.

Dari hasil penelusuran sejarah yang berhasil dihimpun, dahulu kala orang Nias melangsungkan kehidupannya secara berkelompok dan berpindah-pindah tempat.

Namun, setiap kelompok yang tidak mau berpindah tempat dan menetap disalah satu tempat dalam jangka waktu yang lama akan ada batu megalit di tempat itu.

Dua lokasi penemuan benda bersejarah itu merupakan tempat hunian kelompok BAWAMENEWI dan ZIRAHALUO pada zaman dahulukala. Kedua nama itu merupakan nama seorang raja atau pimpinan yang diangkat oleh para kelompoknya.

Salah seorang keturunan dari BAWAMENEWI, Alisokhi Bawamenewi mengatakan bahwa setiap batu yang ditemukan itu mempunyai fungsi dan makna tersendiri bagi keberlangsungan hidup nenek moyangnya di masa itu.

“Batu yang menyerupai manusia, hewan dan benda lainnya memiliki fungsi dan makna. Setiap batu yang berhasil selesai diukir/dikerjakan diresmikan dengan acara adat yang berlaku pada waktu itu” kata Alisokhi Bawamenewi kepada iNews, Sabtu (5/8/2023).

Sementara itu, Faiginasokhi Tafonao salah satu anggota keluarga yang saat ini berada dilahan penemuan benda yang serupa milik nenek moyang SIRAHALUO menuturkan fungsi dan makna dari setiap batu yang ada.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut