get app
inews
Aa Read Next : Deretan PO Bus Miliki Penggemar Banyak Di Medsos

Hebat, 7 Perempuan Tangguh Ini Mampu Kelola PO Bus, Ada yang Punya Ratusan Armada Mewah

Rabu, 19 Oktober 2022 | 17:29 WIB
header img
Ilustrasi Bus yang dikelola perempuan (Fptp: iNews.id)

JAKARTA, iNewskaranganyar.id - Ada beberapa di antaranya PO Bus dikelola perempuan dan terbukti tidak hanya sekadar mampu bersaing tapi juga mencapai kesuksesan besar. Tidak melulu perusahaan otobus (PO) dikelola oleh kaum adam. 

Saking suksesnya, ada PO yang bahkan sampai punya ratusan armada mewah. Lantas, mana saja PO bus yang dikelola perempuan? Berikut ini daftar lengkapnya dirangkum pada, Sabtu (15/10/2022).

1. Bintang Khatulistiwa

Di urutan pertama ada PO Bintang Khatulistiwa yang dikelola oleh perempuan cantik bernama Widia Antarista. PO bus asal Makassar, Sulawesi Selatan ini terbukti sukses meskipun semula didirikan dengan hanya bermodalkan nekat.

Widia yang kala itu masih duduk di bangku kuliah dan tidak banyak tahu industri transportasi memutuskan untuk berhenti dan mengelola PO Bintang Khatulistiwa.

Dalam melakukannya, dia dimentori langsung oleh sang ayah. Berkat usaha, kerja keras, dan support ayahnya Widia sukses membangun PO Bintang Khatulistiwa yang dirintisnya.

Saat ini PO Bintang Khatulistiwa punya armada bus super mewah yang dilengkapi kursi nyaman dengan leg rest tebal.

2. Safari Darma Raya (OBL)

Selanjutnya ada PO Safari Darma Raya atau yang lebih dikenal dengan OBL.

PO bus asal Jawa Tengah ini dikelola oleh perempuan bernama Marissa Leviani yang sering terjun langsung melayani para penumpang. Kepiawaian Marissa mengelola PO OBL tidak bisa diragukan lagi.

Terbukti dari melekatnya OBL dengan hati masyarakat Temanggung dan kemampuan bertahannya, walaupun PO ini sudah berdiri sejak 1960-an.

Di tangan Marissa, OBL juga terus meremajakan armadanya. Dan tak tanggung-tanggung, sasis yang digunakan kebanyakan adalah sasis mewah pabrikan Mercedes Benz atau Scania.

3. Lorena

Lorena tentu sudah tidak asing di telinga. PO bus dengan 500 armada eksekusif yang melayani trayek Sumatera, Jawa, dan Bali ini juga sukses bertahan dari tahun 1970 hingga saat ini berkat tangan dingin seorang perempuan.

Dia adalah Eka Sari Lorena Soerbakti, perempuan kelahiran 3 Juni 1969 yang meneruskan perjuangan sang ayah, GT Soerbakti terus memajukan perusahaan bus yang dirintisnya.

Lulusan Univeristas San Fransisco, AS ini berhasil membawa Lorena meraih beragam penghargaan, termasuk Pengemudi Bus AKAP Terbaik di DKI Jakarta dan Indonesia serta Managemen Transportasi Darat & Depo Terbaik di DKI Jakarta. 

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut