get app
inews
Aa
Read Next : Pilkada Mulai Bergulir, KPU Karanganyar Buka Pendaftaran PPK, Catat Tanggalnya

Tak banyak yang Tahu, Ini Keutamaan Meninggal Dunia pada Hari Senin

Senin, 26 September 2022 | 18:01 WIB
header img
Keutamaan meninggal pada hari senin (Foto: celebrities.id/thewrap)

Dia berkata: "Dalam tiga lembar kain putih buatan negeri Yaman dan tidak dipakaikan baju dan juga tidak sorban". Kemudian Abu Bakar berkata kepadanya: "Hari apakah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam wafat?" 

Aisyah menjawab: Hari Senin". Lalu beliau berkata lagi: "Sekarang ini hari apa?". 'Aisyah menjawab: "Sekarang hari Senin". 

Abu Bakar berkata: "Aku berharap umurku sampai malam ini saja". Lalu beliau memandang baju yang dipakainya sejak dia menderita sakit yang ketika itu bajunya sudah kotor terkena minyak za'faran (kunyit) pada sebagiannya kemudian berkata: "Cucilah bajuku ini dan tambahkanlah dengan dua baju lain untuk mengkafaniku dengannya". 

Aku berkata: "Baju ini sudah usang". Maka Abu Bakar menjawab: "Orang yang hidup lebih pantas untuk mengenakan yang baru dari pada orang yang sudah mati. Kain itu hanya untuk mewadahi nanah mayat". 

Kemudian beliau tidak wafat hingga menjelang malam Selasa (dimana akhirnya beliau wafat) lalu ia dimakamkan sebelum pagi". (Hadis Shahih Al-Bukhari No 1298) Dalam Hadis lain disebutkan bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Amal-amal manusia diperiksa pada setiap hari Senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa." (HR At Tirmidzi dan lainnya) 

"Berbekamlah pada hari Senin dan Selasa karena sesungguhnya pada hari itu Allah menyembuhkan Ayyub dari penyakit. (Sunan Ibnu Majah: hadis Hasan)***

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut