get app
inews
Aa Read Next : Bingung Libur Lebaran Mau ke Mana? Yuk Jelajahi Air Terjun Cantik di Ngargoyoso Waterfall

Jalur Pendakian Gunung Lawu di Pos 3 dan Pos 4 via Cemoro Sewu Rusak Parah Dampak Gempa Magetan

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 15:43 WIB
header img
Jalur pendakian Gunung Lawu di pos 3 dan 4 via cemoro sewu mengalami kerusakan pasca Gempa Magetan (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR,iNews.id - Pasca gempa Magetan yang terjadi pada 29 Oktober 2021 silam ternyata berdampak terhadap jalur pendakian ke puncak Gunung Lawu dari jalur Cemoro Sewu.

Salah satu pesonil Karanganyar Emergency Rifan Feir Nandhi yang melakukan penelusuran jalur pendakian, mencatat jalur pendakian ke puncak Gunung Lawu via Cemoro Sewu, tepatnya di pos 3 dan pos 4 mengalami kerusakan parah.

Selain jalur pendakian yang rusak, di pos ini longsoran tanah bukit di pinggir jalur pendakian kerap terjadi. Rifan pun meminta para pendaki yang hendak menuju
puncak untuk berhati-hati bila melintasi pos 3 dan pos 4, terutama lewat jalur Cemoro Sewu.

"Jalur Cemoro Sewu Rusak Parah dikarenakan Gempa Magetan mengakibatkan jalur via cemoro sewu diatas pos 3 ke pos 4 Longsor parah,"papar Rifan pada
iNewskaranganyar.id, Sabtu (27/8/2022).

Selain kondisi jalur pendakian rusak dan longsoran bukit di jalur pendakian kerap longsor, Rifan pun menyebut tanah di lokasi itu tidak stabil alias tanah bergerak.

"Pendaki maupun spiritual harus berhati hati jika melalui jalur cemoro sewu karena medan Longsor tanah bergerak. Terutama saat hujan turun, untuk selalu waspada,"ujar Rifan.

Melihat kondisi dijalur pendakian ke puncak Gunung Lawu yang kondisinya sangat berbahaya bagi para pendaki, Rifan meminta agar para pendaki atau spiritual yang hendak naik untuk tidak memaksakan diri bila cuaca turun hujan.

Editor : Bramantyo

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut