get app
inews
Aa Read Next : Bobol Brangkas,Pria 41 Tahun Bawa Kabur Uang Jutaan Hingga Kuras Barang di Dalam Indomaret & Alfamat

Indomaret Milik Siapa? Rupanya Ini Sosok di Baliknya

Senin, 15 Agustus 2022 | 16:55 WIB
header img
Ini Pemilik Indomaret (Foto: iNews.id)

KARANGANYAR, iNews.id - Banyak orang penasaran siapa sebenarnya pemilik dari Indomaret. Pasalnya, Indomaret merupakan minimarket yang hampir ada di setiap wilayah.

Jaringan waralaba yang telah memiliki belasan ribu gerai di seluruh Indonesia ini, seakan menjadi penguasa jaringan minimarket di Indonesia, berdampingan dengan kompetitornya Alfamart. Indomaret telah memiliki lebih dari 18.113 gerai di seluruh Indonesia. 

Tak heran jika banyak yang bertanya-tanya, siapa pemilik Indomaret? Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan IDXChannel berikut ini!

Siapa Pemilik Indomaret?

PT Indomarco Prismatama atau Indomaret merupakan jaringan pengecer waralaba di Indonesia yang telah berdiri sejak lama. Indomaret didirikan sejak 1988 dan telah memiliki gerai lebih dari 18.113 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Tak heran jika Indomaret kini menjadi ritel pemilik gerai terbanyak di Tanah Air. 

Menjadi jaringan waralaba yang sukses dan besar, rupanya Indomaret merupakan salah satu anak usaha dari Salim Group yang didirikan oleh Sudono Salim, salah satu grup bisnis terbesar di Indonesia. Kini, Salim Group dipimpin oleh anak Sudono Salim yakni Anthoni Salim yang juga menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2022. 

Profil dan Kekayaan Pemilik Indomaret

Salim Group merupakan grup perusahaan konglomerat yang didirikan pada tanggal 4 Oktober 1972 di Indonesia. Perusahaan ini didirikan oleh Sudono Salim yang kini dimiliki oleh anaknya yakni Anthoni Salim.

Anthoni Salim merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara mendiang Liem Sioe Liong atau Om Liem, seorang taipan yang selama puluhan tahun sangat dekat dengan presiden Suharto. 

Anthoni mengepalai Grup Salim dengan investasi di bidang makanan, ritel, perbankan, telekomunikasi, dan energi. Selain itu, ia juga merambah ke waralaba restoran cepat saji KFC, jaringan minimarket Indomaret, Sari Roti, Bogasari, hingga perkebunan kelapa sawit.

Sempat terguncang dan mengalami kegagalan saat krisis moneter melanda Indonesia tahun 1998, Salim Group harus rela melepaskan beberapa bisnisnya salah satunya adalah Bank BCA ke Hartono bersaudara. 

Meski demikian, Anthoni Salim berhasil membangun kembali bisnisnya dan menjadikan Salim Group sebagai salah satu grup bisnis keluarga terbesar di Indonesia. Ia sendiri masuk dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2022.  

Sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia, jumlah kekayaan Anthoni Salim sangat fantastis. Berdasarkan data Forbes, kekayaan Anthoni Salim pada 2022 ini mencapai USD8,5 miliar atau sekitar Rp122,16 triliun. 

Kekayaan Salim dan keluarga tentu masih terus bertambah seiring dengan investasi yang dilakukan. Keluarga Salim pun memiliki saham di perusahaan investasi yang terdaftar di Hong Kong yakni First Pacific, yang memiliki aset sebesar USD27 miliar di enam negara.

Itulah ulasan mengenai siapa pemilik Indomaret dan bagaimana profil serta kekayaannya. Berada di bawah naungan group bisnis keluarga konglomerat Indonesia, tak heran jika Indomaret menjadi salah satu jaringan minimarket terbesar di Indonesia.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut