get app
inews
Aa Read Next : Crazy Rich Karanganyar Bangun Masjid Hingga Gedung Convention Centre Megah Dibatas Kota, Siapa Dia?

Deretan Negara di Dunia Tak Memiliki Masjid, Nomor 3 Negeri Asal Eks Bintang Liverpool

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 22:51 WIB
header img
7 Negara di dunia yang tak ada satupun masjid berdiri di wilayahnya (Foto:ilustrasi/iNews.id)

JAKARTA,iNews.id - Ada beberapa negara di dunia yang tidak memiliki masjid. Padahal, selain menjadi tempat ibadah umat muslim, juga jadi bagian tempat bersejarah dan ada hubungannya dengan pembangunan peradaban di setiap negara. Sekalipun di negara mayoritas non-muslim.

Sedikitnya ada 7 negara yang tidak memiliki masjid, Ini lantaran mayoritas penduduknya adalah non-muslim, hingga keterbatasan wilayah. Serta di antaranya karena kebijakan dari pemerintahan negara itu sendiri.

Berikut rangkumkan lima negara yang tidak memiliki satupun masjid di wilayahnya yang dirangkum iNewskaranganyar.id dari Okezone:

1. Monako

Negara yang tidak memiliki masjid di wilayahnya yang pertama adalah Monako. Jika dilihat dari susunan peta, Monako ini termasuk negara terkecil di dunia. Sebuah negara kota berdaulat, yang terletak di Côte d'Azur di Eropa Barat.

Selain itu, agama resmi Monako adalah Katolik Roma, dengan kebebasan beragama lain yang dijamin oleh konstitusi.

Di negara ini ada lima gereja paroki Katolik Roma di Monako dan satu Katedral, di mana merupakan tempat kedudukan uskup agung di Monako. Umat Kristen dianut oleh 83,2 persen penduduk Monako.

Nah untuk umat Islam sendiri memang terbilang sangat kecil di Monako. Untuk itu bagi muslim yang ingin beribadah, ia hanya bisa melakukannya di tempat masing-masing. Sementara jika ingin salat ke masjid, mereka harus ke luar wilayah Monako lebih dulu dan negara terdekatnya adalah Prancis.

2. Vatikan

Selanjutnya adalah Vatikan. Negara terkecil di dunia ini juga tidak memiliki masjid di dalamnya, lho. Selain dengan alasan luas wilayah negaranya sangatlah kecil, mayoritas masyarakat Vatikan adalah Katolik.

Letaknya di jantung Kota Roma, dan menjadi sumber nafas kehidupan bagi umat Katolik. Setiap tahunnya jutaan peziarah datang ke negara ini untuk beribadah, dan mencari berkat dari Paus.

Maka hingga saat ini di negara Vatikan tidak pernah ada masjid. Jadi bagi umat Islam yang ingin pergi ke masjid, dan beribadah harus keluar negara ini terlebih dahulu. Negara tetangga yang paling dekat adalah ke Italia.

3. Uruguay

Kemudian ada Uruguay, negara yang tidak memiliki masjid di wilayahnya. Bahkan musala terkecil pun tidak akan ditemukan di sini. Lokasinya terletak di tenggara Amerika Selatan, dan negara ini memang tidak ada penduduk muslim di dalamnya.

Perbatasan Uruguay di bagian Utara adalah Rio Grande do Sul, Brasil , di barat adalah Sungai Uruguay , di barat daya adalah muara Rio de la Plata dengan Argentina, dan di bagian selatan adalah Samudera Atlantik.

Akan tetapi kedutaan Mesir dii Uruguay, menyediakan tempat salat bagi umat Islam yang ingin melaksanakan ibadah. Semacam musala yang letaknya ada di dalam kedutaan itu sendiri.

4. Sao Tome and Príncipe

Negara ini berada di Samudra Atlantik tepatnya lepas pantai khatulistiwa barat Afrika. Bahasa yang digunakan di negara kepulauan ini ialah bahasa Portugis.

Negara dengan 95 persen penduduknya menganut agama Kristen ini baru benar-benar merdeka dari Portugal pada 12 Juli 1975. Jika anda ingin mencari masjid untuk salat, sebaiknya urungkan niat karena di sana anda tidak akan menemukan sebijipun masjid yang berdiri di negara tersebut.

5. San Marino

San Marino adalah salah satu negara terkecil di dunia, dikelilingi oleh Italia, dan dikatakan sebagai republik tertua di dunia yang masih hidup. Di negara ini juga Anda tidak akan menemukan masjid, atau musala-musala kecil.

San Marino merupakan negara terkecil kelima di dunia dan dikelilingi oleh Italia tepatnya di sebelah utara berbatasan dengan provinsi Rimini, daerah Emilia-Romagna dan di sebelah selatan provinsi Pesaro dan Urbino, daerah Marche.

6. Estonia

Negara ini terletak di timur laut Eropa dan berbatasan dengan Laut Baltik, antara Swedia dan Rusia.

Estonia merupakan salah satu negara Eropa dengan populasi muslim terkecil. Tak heran jika anda tidak akan menemukan satupun masjid berdiri di sana. Adapun umat muslim lazimnya mendatangi Pusat Kebudayaan Islam Turath di ibu kota Estonia, Tallinn untuk menunaikan ibadah salat berjamaah.

7. Slovakia

Terakhir adalah Slovakia yang merupakan negara pegunungan yang terkurung daratan di Eropa Tengah. Berbatasan dengan Polandia di utara, Hongaria di selatan, Ukraina di timur, Austria di barat daya, dan Republik Ceko di barat.

Di Slovakia Anda tidak akan menemukan bangunan masjid satu pun. Hal ini lantaran, ini adalah negara dengan hukum paling ketat terhadap agama Islam.

Di mana mereka bahkan memiliki undang-undang yang sah, sehingga membuat Islam tidak bisa diterima sebagai salah satu agama resmi negara.

Editor : Bramantyo

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut