get app
inews
Aa Read Next : Pesan dari Solo untuk Pemilu 2024, KGPAA Mangkunegara X : Ini Pesta yang Seharusnya Bahagiakan Semua

Bandel! Kominfo Ancam Blokir Google, Apa Sebab?

Kamis, 21 Juli 2022 | 12:36 WIB
header img
Google terancam diblokir Kominfo menyusul bandelnya perusahaan mesin pencarian asal Amerika ini (Foto: Okezone)

JAKARTA,iNews.id - Mesin pencarian terbesar di dunia asal Amerika Serikat, Google, terancam di blokir Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) menyusul bandelnya perusahaan itu belum mendaftar pada Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) hingga tenggat PSE telah berakhir.

Meski begitu, hingga saat ini raksasa teknologi asal Amerika Serikat ini masih terpantau bisa diakses. Bahkan tidak ada pembatasan layanan sama sekali, meski perusahaan telah melewati batas akhir pendaftaran PSE.

Belum diketahui apakah Kominfo sendiri telah melayangkan surat teguran atau belum kepada raksasa teknologi asal Amerika Serikat tersebut.

Namun, yang jelas Kominfo memang menyediakan sejumlah sanksi. Dalam konferensi pers yang digelar beberapa waktu lalu, Kominfo menyebut bahwa sanksi pemblokiran merupakan opsi terakhir.

Selain itu, sebelum diblokir ada sanksi lain berupa teguran serta denda administrasi

Untuk pemberian sanksi, seluruhnya adalah wewenang Menteri. Hal ini seperti dikatakan oleh Direktur Aptika Kominfo, Semuel Abrijani.

"Menteri kan udah sampaikan statement. Untuk tahapan sanksi itu tanggal 21 Juli 2022 itu sudah mulai berjalan. Apakah akan diberikan teguran, denda administrasi, atau pemblokiran, itu hak prerogratif Menteri. Keputusan ada di Menteri," jelasnya.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut