get app
inews
Aa Read Next : Dinikahi Pangeran Cendana, Terkuat 3 Sumber Kekayaan Mayangsari

7 Sumber Kekayaan Tommy Soeharto, Pangeran Cendana Rintis Usaha Saat Masih Berusia 30 Tahun

Minggu, 17 Juli 2022 | 11:28 WIB
header img
Pantes Tajir Melintir, Ini 7 sumber kekayaan putra almarhum mantan Presiden Soeharto (Foto: instagram)

JAKARTA,iNews.id – Siapa tak kenal Tommy Soeharto. Semua pasti mengenal pangeran Cendana yang memiliki nama lengkap Hutomo Mandala Putra

Ya, Tommy merupakan putra kelima atau putra bungsu dari almarhum mantan Presiden RI ke 2 Soeharto.

Tommy dilahirkan pada tanggal 15 Juli 1962. Tommy dikenal memiliki banyak bisnis. Bendera usaha pertama yang dikibarkan saat masih berusia 30-an tahun adalah Humpuss Grup.

Sejak saat itulah, tercatat berbagai bidang usaha dibawah grup Humpuss. Diantarannya, transportasi, perdagangan, konstruksi, otomotif, dan properti. Berikut daftar bisnis yang menjadi sumber kekayaan Tommy Soeharto, dilansir iNewskaranganyar.id dari Okezone:

1. Humpuss

PT Humpuss merupakan perusahaan yang didirikan oleh Tommy Soeharto pada tahun 1984. Berkantor pusat di Gedung Granadi Jakarta, sebuah aset properti milik Yayasan Supersemar yang sempat di sengketa pengadilan akibat kasus penyelewengan dana yayasan.

Melalui laman resmi perusahaan, usaha ini bergerak di sektor pelayaran, pesawat charter, pertambangan, distribusi migas dan bahan kimia, pertanian, petrochemical, properti, hingga manajemen aset.

Sementara, Tommy Soeharto menjabat sebagai Komisaris Utama. Dimana, Humpuss adalah holding dari PT Humpuss Intermoda Transportasi, PT Humpuss Pengolahan Minyak, PT Humpuss Patragas, PT Humpuss Trading. Di PT Humpuss.

Pada tahun 1986, perusahaan membangun Ekaputra yang menjadi kapal pertama dengan bobot 78.988 DWT. Hal tersebut, membuat rekor kapal LNG terbesar di dunia pada saat itu. Humpuss pun banyak menerima kontrak pengiriman dari BUMN migas Pertamina.

2. Hotel Lorin

Tommy juga merambah ke bisnis perhotelan melalui PT Lor Internasional Hotel mulai dari kelas budget hingga bintang 5. Terdapat 4 hotel miliknya yang berada di wilayah Solo.

Hotel Lorin tersebar di berbagai kota besar di Indonesia yaitu Lorin Sentul, Lorin Solo, Lorin Belitung, Lorin Kuta, Syariah Hotel Solo, Hotel Amantis Demak, Hotel Noormans Semarang, dan Loji Hotel Solo.

3. Sirkuit Sentul

Sirkuit Sentul adalah arena balapan yang berlokasi di Babakan Madang, Sentul, Bogor. Pengelolaan Sirkuit Sentul berada di bawah PT Sarana Sirkuitindo Utama yang sebagian besar sahamnya dimiliki Tommy Soeharto.

Dengan panjang lintasan kurang lebih 4 kilometer yang biasa digunakan untuk ajang balapan skala internasional. Sirkuit ini dibangun, saat Tommy menjabat sebagai Ketua Umum PB Ikatan Motor Indonesia pada tahun 1986 untuk merealisasikan visinya membangun olahraga balap.

Pada tahun 1996 dan 1997, Sirkuit Sentul pernah digunakan untuk MotoGP yang membawa Michael Doohan sebagai jawarannya di kelas 500cc.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut