get app
inews
Aa Read Next : Bingung Libur Lebaran Mau ke Mana? Yuk Jelajahi Air Terjun Cantik di Ngargoyoso Waterfall

Butuh Liburan Sob? Yuk Uji Adrenalin di Jalur Offroad Lereng Gunung Lawu

Minggu, 03 Juli 2022 | 10:22 WIB
header img
Uji Adrenalin di jalur Off Road Lereng Gunung Lawu (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR,iNews.id - Berkunjung ke Karanganyar, Jawa Tengah tak lengkap rasanya kalau tidak menjajal off road menggunakan Jeep membelah hutan lereng Gunung Lawu

Aktivitas menantang nyali sekaligus menyenangkan ini dijamin bikin Anda tak lupa dan amat berkesan. Apalagi ditemani driver yang sudah berpengalaman dan menguasai medan membuat perjalanan menjadi menyenangkan. Lokasinya pun tak jauh dari keramaian kota, sehingga tak perlu melakukan usaha berlebih untuk mencapai ke sana.

Sebelum memulai off road, wisatawan dipersilahkan memilih paket untuk off road. Bisa memilih paket off road mulai dari Air Terjun Jumog Telaga Madirda Candi Sukuh, Susur Sungai Kebun Teh dan berakhir ke bukit Paralayang. Ada pula jalur ektream melewati hutan didaerah Sekipan, agro wisata bunga dan situs candi Menggung,  Nglurah Tawangmangu.

Kali ini iNewskaranganyar.id memilih jalur off road ektream didaerah Sekipan, Tawangmangu. Untuk tarif off road jalur ektream ini sebesar Rp 450 ribu. Dimulai dari titik star Hotel Nava, perjalanan dimulai dengan melintasi jalur Grojogan Sewu.

Setelah melawati jalur wisata, Jeep Adventure mulai menerabas hutan di daerah Sekipan yang benar-benar masih murni. Menginjak pedal gas hingga penuh untuk menguji adrenalin di track yang berbatu khas Gunung Lawu. 

Yah, Sekipan salah satu spot dengan panorama alam dan background Gunung Lawu ini menjadi salah satu spot unggulan untuk memacu adrenalin di atas jeep.

Disinilah petualangan dimulai, tanjakan berbatu di trabas dengan menggunakan Jeep. Melewati sungai dan perbukitan. Tikungan terjal, tanjakan dan turunan curam juga lewati. Sensasinya sungguh luar biasa.  

Tawa bercampur dengan teriakan seakan mencoba melawan umur itupun terdengar saat Jeep melintasi jalur off road yang didominasi tanah becek dan bebatu. Apalagi pohon berukuran besar dengan ranting yang menjular menutupi track ektream ini menambah keseruan.

Untuk mengurangi ketegangan setelah menjelajah hutan dan aliran kali perserta off road inipun berhenti sejenak ditengah hutan lereng Gunung Lawu. 

Disini, wisatawan bisa berfoto ria dengan latar belakang keasrian hutan lereng Gunung yang memisahkan dua provinsi, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Setelah puas menguji adrenalin, wisatawan inipun kembali diajak menikmati keindahan argo wisata bungan dan mengunjungi situs bersejarah di daerah Ngelurah.

Selain berfoto-foto, di argo bunga ini, wisatawan juga bisa melihat situs ngelurah diatas ketinggian 800 meter di atas permukaan laut.

Situs Ngelurah ini merupakan Punden berundak memiliki lima tingkat dan dibuat dengan memanfaatkan topografi setempat yang berundak-undak. 

Tingkat satu dengan lainnya dihubungkan menggunakan tangga batu. Punden Menggung menghadap ke Gunung Jogolarangan, suatu anak Gunung Lawu. 

Berbagai artefak, misal menhir, arca, dan yoni tersebar di tingkat-tingkat punden. Arca-arca memiliki ikonografi menyerupai arca di candi Sukuh dan candi Ceto.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut