get app
inews
Aa Read Next : Lulusan SD Pemilik Warteg Kharisma Bahari, dari Modal Mertua Kini Ada Ratusan Cabang

Berawal Uang Pinjaman Sebesar 600 dolar AS dari Sang Ibu, Pizza Hut Menggurita Kuasai 100 Negara

Kamis, 30 Juni 2022 | 20:50 WIB
header img
Gerai Pizza Hut pertama yang didirikan Kakak beradik Dan dan Frank Carney (Foto: https://www.pizzahut.co.uk/)

KANSAS, iNews.id - Siapa tak mengenal Pizza. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa di seluruh dunia sudah pasti mengenal Pizza Hut.

Tapi tak ada yang mengetahui, ternyata Pizza Hut awal didirikan berawal dari uang pinjaman sebesar 600 dolar AS dari sang ibu pada anaknya Frank dan Dan Carney, sebagai modal untuk dipakai menyulap sebuah bar menjadi restoran cepat saji.

Pizza Hut didirikan pada 1958 oleh oleh kakak beradik bernama Dan Carney dan Frank Carney di Wichita, Kansas, Amerika Serikat (AS). Frank Carney lahir pada 1931, sedangkan adiknya Dan Carney lahir tujuh tahun kemudian atau pada 1938.

Mereka mulai bisnis makanan dengan membantu ayahnya berbisnis makanan di toko kelontong lokal. Saat itu, Frank dan Dan Carney mulai bisnis sambil berkuliah di Wichita State University.

Mereka akhirnya terdorong membuka restoran pizza setelah membaca sebuah artikel di surat kabar Saturday Evening Post yang menjelaskan tentang berkembangnya budaya makan pizza. Setelah itu, mereka meminjam uang sebesar 600 dolar AS dari sang ibu. 


Pizza Hut makanan cepat saji yang digemari di seluruh dunia (Pixebay)

Uang tersebut digunakan untuk mengubah bar seluas 600 kaki persegi menjadi restoran pizza. Kemudian mereka memberikan nama Pizza Hut. Ada dua cerita di balik pemilihan nama tersebut. 

Satu versi menyebutkan, karena papan nama yang dibeli hanya cukup untuk 9 karakter, termasuk spasi. Sementara versi lainnya karena bangunan yang mereka gunakan bekas bar, dengan bentuk yang mengingatkan mereka pada sebuah pondok (hut).

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut