get app
inews
Aa Read Next : Deretan PO Bus Miliki Penggemar Banyak Di Medsos

Beranak Pinak dengan Banyak Nama, Ini Enam Bus Legendaris Asal Jawa Timur

Jum'at, 24 Juni 2022 | 09:06 WIB
header img
Jawa Timur termasuk provinsi yang banyak melahirkan PO Bus, bahkan hingga kini masih tetap bertahan dan termasuk salah satu bus legendaris (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Perusahaan Otobus banyak lahir dari timur pulau Jawa, tempatnya di Jawa Timur.

Disini banyak sekali perusahaan otobus. Bahkan dari deretan otobus yang lahir di Jawa Timur ada yang melegenda dengan ciri khas masing-masing.

Otobus ini memiliki nama besar sampai saat ini. PO bus legendaris apa saja yang berasal dari Jawa Timur? 

1. PO AKAS


Bus Legendaris asal Jawa Timur (Foto: IG)

Perusahaan otobus legendaris pertama di Jawa Timur yang sampai saat ini masih beroperasi adalah PO AKAS. Singkatan dari apa AKAS ini?  Nama AKAS kependekan dari “Ali Karman Amat Saudara”. Nama tersebut diambil dari sang pendiri, yaitu H Karman Amat. 

AKAS Group berdiri di Probolinggo pada 1956. Saat ini, PO Akas berkantor pusat di daerah Jawa Timur, tepatnya berada di Jalan S Parman No 4, Waru, Sidoarjo. AKAS kini beranak pinak. 

Saat dikelola generasi selanjutnya di 1976, pengelolaan armada AKAS Group terbagi menjadi empat, yaitu PO AKAS I, PO AKAS II, PO AKAS III, PO AKAS IV. PO AKAS I dipimpin Harsono, PO AKAS II dipimpin Tingok, PO AKAS III dipimpin Ali suami dari Ibu Sunarni, dan PO AKAS IV Eddy Hariadi. Trayeknya berbeda-beda. Selain itu, ada AKAS Green.  

2. Kalisari


PO Bus Legendaris asal Jawa Timur (Foto: Instagram)

PO bus legendaris asal Jawa Timur lainnya adalah Kalisari. PO bus yang satu ini sudah berkiprah sejak 1960-an. Saat ini PO Kalisari dikenal dengan bus pariwisata dan antarkota jurusan Surabaya-Malang. PO ini merupakan salah satu yang mempelopori pelayanan perjalanan darat untuk rute Magelang menuju Surabaya.

3. Solaris Jaya


Salah satu bus legendaris di Jawa Timur (Foto:instagram)

Solaris Jaya merupakan PO bus pariwisata yang berasal dari Sidoarjo, Jawa Timur. Bus pariwisata ini melayani transportasi wisata di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa, Bali, Lombok, dan sebagian Sumatera. Bus pariwisata Solaris Jaya Trans juga melayani jasa antar jemput, drop bandara, trip wisata, wisata ziarah, kunjungan industri dan atau menyesuaikan kebutuhan pelanggan. 

4. Harapan Jaya


Salah satu Po Bus Legendaris di Jawa Timur (Foto:Instagram)

 Harapan Jaya didirikan Harjaya Tjahjana pada 1972 di Tulungagung, Jawa Timur. Pada awal berdirinya hanya memiliki tiga buah bus yang digunakan untuk pengoperasian rute Tulungagung–Surabaya. 

Harapan Jaya saat ini punya armada double decker. Adapun unit yang digunakan adalah Scania Double Decker K 410 IB yang memiliki kelas sleeper seat, super luxury plus seat, dan executive plus seat. 

5. Mila Sejahtera


Salah satu bus Legendaris di Jawa Timur (Foto:Instagram)

PO bus legendaris asal Jawa Timur selanjutnya adalah Mila Sejahtera. PO bus asal Probolinggo, Jawa Timur ini terkenal raja jalanan karena kecepatannya. Saking cepatnya, Mila Sejahtera memiliki slogan "berangkat terakhir sampai duluan". 

6. Eka & Mira


Salah satu bus legendaris asal Jawa Timur (Foto:Instagram)

PT Eka Mira Prima Sentosa adalah salah satu perusahaan otobus antar kota antar provinsi dan pariwisata yang berbasis di Kota Mojokerto, Jawa Timur. PO bus ini juga memiliki kantor cabang dan pool di Kabupaten Sidoarjo. PO Eka & Mira juga terkenal dengan skill sopirnya dalam mengemudi bus. Namun saat ini Eka & Mira menerapkan limit kecepatan pada tiap armadanya.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut