Selain itu selama pengerjaan, para pekerja dihadapkan pada kondisi cuaca berupa curah hujan tinggi. Hal ini membuat penanganan dan proses penggalian menjadi lebih ekstra.
Dwiyana melanjutkan, setelah penggalian Tunnel 2 selesai, pekerja saat ini melakukan tahap secondary lining. Proses secondary lining ini akan menambah ketahanan terowongan sesuai dengan desain konstruksi hingga 100 tahun dan memberikan hasil akhir yang halus dan konsisten.
Menurutnya, lapisan beton yang digunakan pada konstruksi terowongan di proyek KCJB memiliki standar yang paling tinggi (high performance concrete) dalam sejarah konstruksi di Indonesia.
Struktur beton yang digunakan seperti struktur bunker sehingga memberikan keamanan dalam operasional KCJB.
Setelah seluruh terowongan tembus, fokus konstruksi lainnya adalah elevated track dan subgrade. Persiapan non konstruksi juga dilakukan seperti penyiapan aturan hingga pelatihan SDM.
"Tidak hanya melakukan proses percepatan pembangunan, kami juga perlu menuntaskan kesiapan operasional KCJB di tahun ini. Kami terus berupaya semaksimal mungkin melakukan persiapan baik itu jelang agenda G20 yang digelar pada akhir tahun dan juga melakukan penyelesaian sesuai dengan target yang ditetapkan" ucap Dwiyana.
Sebelumnya, pada 6 April 2022, Tunnel 4 yang berada di Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta berhasil ditembus. Begitu juga dengan Tunnel 6 sepanjang 4.478 meter yang merupakan terowongan terpanjang yang berada di area KCJB berhasil ditembus pada bulan yang sama.
Editor : Ditya Arnanta