get app
inews
Aa Read Next : Membludak! Wahana Wisata Kolam Renang Intan Pari di Karanganyar Dipadati Pengunjung

Mahasiswa UGM Raih Juara 1 Desain Kendaraan Listrik di Ajang Formula-E Jakarta

Rabu, 08 Juni 2022 | 15:48 WIB
header img
Mahasiswa UGM Raih Juara 1 Desain Kendaraan Listrik di Ajang Formula-E Jakarta (Foto: Ist)

YOGYAKARTA, iNews.id - Tim mahasiswa UGM berhasil meraih Juara 1 dalam kompetisi berjudul "Sustainable Electric Vehicle Design Competition yang digelar oleh Jakpro yang juga penyelenggara Grand Prix Formula-E. 

Dimana Jakpro juga mengadakan kompetesi desain kendaraan listrik untuk tingkat mahasiswa sebagai acara penyerta.

Tim mahasiswa UGM yang meraih Juara 1 Desain Kendaraan Listrik tersebut diketahui merupakan perwakilan dari tim Arjuna EV UGM. 

Dimana tim Arjuna EV UGM sendiri adalah tim perkumpulan mahasiswa UGM yang berasal dari berbagai jurusan untuk bersama-sama melakukan riset, serta mengembangkan kendaraan bertenaga listrik di UGM.  

Tim Arjuna EV UGM mengirimkan tim kecil beranggotakan empat orang mahasiswa dengan Rachmadi Norcahyo, sebagai dosen pembimbing mereka.

Keempatnya adalah Thariq Faros Manumono (Teknik Mesin, 2019), Leonard Fidelcristo Supit (Elektronika dan Instrumentasi, 2019), Muhammad Raihan Hilmy (Teknik Mesin, 2019), dan Dasta Muhammad Ghaly (Teknik Mesin, 2019). 

Dalam proses pengerjaan proposal di awal hanya memiliki waktu 2 minggu dan itu 1 minggu-nya terpotong libur lebaran, dan akhirnya terpaksa lembur terus selama 1 minggu penuh setelah libur lebaran. 

"Namun akhirnya seluruh perjuangan tersebut terbayarkan dan kami berhasil meraih Juara 1. Tentu saja kami sangat senang dan bangga atas pencapaian tersebut, namun tak lupa hal tersebut juga kami persembahkan untuk Tim Arjuna EV UGM yang selalu bekerja sama dalam 1 tim untuk memenangkan perlombaan ini,” ungkap Thariq Faros Manumono selaku ketua tim untuk kompetisi desain kendaraan listrik Formula-E Jakarta 2022 dilansir dari laman resmi UGM, Rabu (8/6/2022).

Pada kompetisi desain kendaraan listrik Formula-E Jakarta 2022, tim perwakilan Arjuna EV UGM diketahui membawa desain kendaraan listrik yang diberi nama ARCANA. 

Kendaraan listrik ARCANA ini lebih kurang berbentuk mobil listrik bertipe SUV (Sport Utility vehicle) yang memiliki jarak tempuh tinggi dalam satu kali pengecahan baterai. 

Desain mobil listrik ARCANA ini juga dilengkapi oleh fitur Autonomous SAE Level 3 bernama Arjuna Smart Mobility (ASM), dimana dengan fitur tersebut mobil dapat berkendara secara otomatis di jalan raya. Selain itu desain mobil listrik ARCANA juga telah menganut tingkat keamanan berkendara yang tinggi baik secara mechanical maupun electrical sehingga menjamin kenyamanan selama berkendara. 

“Pada perlombaan ini kami melakukan desain mobil secara penuh beserta simulasi menggunakan software, kami juga melakukan berbagai perhitungan dalam mendesain mobil ARCANA, tak lupa juga kami merencanakan business plan sehingga apabila nantinya mobil ARCANA akan diproduksi masal rencana secara bisnis sudah terkonsep,” pungkasThoriq.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut