get app
inews
Aa Read Next : Sah, Prof Hartono Resmi Jabat Rektor UNS Hingga 2029

Cerita Orang Tua Antar Anak Ujian UTBK, Mulai Bolak-Balik Ke Kamar Mandi & Menginap Dirumah Saudara

Selasa, 17 Mei 2022 | 14:49 WIB
header img
Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho memantau langsung jalannya UTBK SBMPTN (iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

SOLO, iNews.id - Rahmawati warga Sidorejo, Wonogiri, Jawa Tengah, terlihat duduk seorang diri di teras ruang TIK Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah.

Sesekali Rahmawati mengambil minuman dari botol minum yang dibawanya sebelum kembali memainkan tisu yang dibawanya.

"Sedang nungguin Santi anak saya yang ujian di UTBK SBMPTN di sini (Gedung TIK)," papar Rahmawati pembicaraan saat ditanya, iNewskaranganyar.id, Selasa (17/5/2022).

Sambil tersenyum Rahmawati mengaku dirinya saat ini cukup tegang. Bahkan Rahmawati terpaksa bolak-balik ke kamar mandi karena tegang.

"Anak saya yang ikut ujian, saya yang panik. Tadi bolak-balik ke kamar mandi, tegang. Malah anak saya tadi ngomel-ngomel, 'ibu, ojo melu-melu tegang toh, engko aku sing panik',"terangnya sambil tertawa.

Melihat tekad putrinya untuk melanjutkan kuliah kejenjang yang lebih tinggi, Rahmawati pun rela menumpang menginap dirumah saudaranya yang ada di daerah Palur, Karanganyar. Ini dilakukan agar putrinya tidak kelelahan saat UTBK SBMPTN.

"Saya numpang nginap di rumah saudara saya di Palur. Soalnya kalau berangkat langsung dari Wonogiri, belum ada kendaraan dan takut Santi kecapean,"ujarnya.

Rahmawati optimis putrinya lolos ke Sastra Inggris Universitas Sebelas Maret. Dia terus berdoa agar cita-cita putrinya tercapai.

"Anak saya daftarnya dua, satu di UNS dan satu di UNY. Semuannya sastra Inggris. Tapi kalau tidak keterima saya sudah mendaftarkan ke swasta,"paparnya.

Sementara, Nugroho salah satu orangtua peserta ujian ini pun memiliki harapan serupa dengan Rahmawati. Putrinya Agnestia Ini pun mengincar jurusan Ilmu Komunikasi Fisipol UNS.

"Saya berdoa agar anak saya bisa lolos di UTBK SBMPTN. Tekadnya besar agar bisa melanjutkan ke perguruan tinggi,"ujarnya saat ditemui ditempat sama, gedung TIK.

Pantauan iNewskaranganyar.id di tiap-tiap lokasi ujian UTBK SBMPTN tidak terlihat penjagaan yang begitu ketat. Hanya beberapa pengawas saja yang terlihat berjaga di tiap-tiap ruangan.

Dari data yang ada jumlah perserta UTBK SBMPTN 2022 sebanyak 26.408 Peserta orang. 

Dalam UTBK SBMPTN, pihak panitia menyediakan 14 lokasi ujian yang terdiri 49 ruang dengan kapasitas total 980 peserta per sesi.

Dimana dalam UTBK SBMPTN ini mengalami peningkatan sebesar 18 persen dibandingkan tahun 2021 sebesar 830) atau 1.960 peserta per hari (2 sesi).

Jumlah total sesi UTBK di UNS adalah sebanyak 27 sesi yang terdiri dari 14 sesi pada gelombang I dan 13 sesi pada Gelombang II.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut