get app
inews
Aa Text
Read Next : Kampung Berseri Astra Gedang Selirang Diresmikan untuk Pemberdayaan Berkelanjutan

Keren Parah! Jajan Sehat Sambil Nyelametin Bumi, Garudafood Ajak Siswa Auto Peduli!

Jum'at, 31 Oktober 2025 | 20:29 WIB
header img
Garudafood berkomitmen membangun perilaku konsumsi yang cerdas, sehat, dan berkelanjutan, dimulai dari kebiasaan sederhana memilih jajanan yang aman dan mengelola sampah. Foto: Ist

SUKOHARJO, iNewsKaranganyar.id  – Sebuah perusahaan makanan dan minuman nasional baru saja merampungkan kampanye edukasi bertajuk "Bijak Jajan Cinta Bumi". Program ini berhasil menjangkau dan mengedukasi lebih dari 20.000 siswa dan guru di 30 sekolah tingkat SD hingga SMK di wilayah Surakarta dan sekitarnya.

Hal ini ditunjukkan oleh PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (Garudafood) sebagai bentuk kepedulian. Penutupan rangkaian program yang telah dimulai sejak Agustus 2025 ini dilakukan secara resmi di SMK Negeri 2 Sukoharjo pada 30 Oktober 2025.

Program ini diinisiasi untuk mengatasi dua tantangan utama dalam kehidupan sehari-hari generasi muda: kurangnya pemahaman anak terhadap keamanan pangan jajanan serta dampak sampah plastik kemasan pasca-konsumsi terhadap lingkungan. Garudafood berkomitmen membangun perilaku konsumsi yang cerdas, sehat, dan berkelanjutan, dimulai dari kebiasaan sederhana memilih jajanan yang aman dan mengelola sampah.

Dian Astriana, Head of Corporate Communication and External Relations Garudafood Group, menyatakan, pihaknya ingin menumbuhkan kesadaran bahwa memilih jajanan bukan hanya soal rasa, tetapi juga tanggung jawab terhadap kesehatan diri dan lingkungan.

"Edukasi kecil ini kami yakini dapat menjadi investasi nyata untuk menciptakan perubahan besar di masa depan," kata dia.

Dalam rangkaian edukasinya, siswa diajarkan untuk selalu memastikan keamanan makanan yang dikonsumsi dengan membaca informasi pada kemasan, memastikan izin edar, dan tanggal kedaluwarsa.

Selain itu, mereka juga mendapatkan pemahaman mendalam mengenai jenis-jenis sampah, dampak negatifnya, dan cara pengelolaan sampah kemasan, terutama jenis Multilayer Plastic (saset). Untuk mendukung praktik ini, Garudafood menyediakan Dropbox Sampah Kemasan (DSK) di sekolah dan bermitra dengan pihak ketiga untuk mengolahnya secara bertanggung jawab.

Secara khusus, di tingkat SMK, program ini diperkaya dengan sesi sharing best practice tentang sociopreneurship atau kewirausahaan sosial.

Sebanyak 300 duta Adiwiyata dari SMK Negeri 2 Sukoharjo mengikuti sesi yang berfokus pada inovasi bisnis ramah lingkungan, mulai dari pengolahan sampah menjadi produk bernilai jual hingga strategi membangun usaha berkelanjutan. Tuti Mahriah, Kepala SMK Negeri 2 Sukoharjo, mengapresiasi kolaborasi ini karena sejalan dengan visi sekolah mereka untuk menjadi pusat belajar berwawasan lingkungan.

Dian Astriana menegaskan, “Gerakan ini bukan sekadar kampanye, tetapi sebuah ekosistem perubahan perilaku. Setiap pilihan jajanan yang aman adalah investasi bagi kesehatan kita. Dan setiap langkah kecil mengelola sampah adalah bentuk cinta kita pada bumi.” Garudafood berharap inisiatif ini dapat menjadi Gerakan Nasional yang menginspirasi lebih banyak sekolah dalam membentuk generasi muda yang peduli terhadap keberlanjutan.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut