get app
inews
Aa Read Next : ICC Buru Vladimir Putin, Berlin Bakal Tangkap Presiden Rusia jika Masuk Rusia

Kerahkan 3000 Tentara, Rusia Gelar Latihan di Wilayah Sengketa dengan Jepang

Sabtu, 26 Maret 2022 | 20:14 WIB
header img
Pasukan Rusia berkendara tank memasuki kota-kota di Ukraina. Pasukan Rusia menembak mati Wali Kota Gostomel.(Foto:Ist)

RUSIA, iNews.id - Rusia menggelar latihan perang di wilayah yang tengah disengketakan dengan Jepang.

Meski hanya latihan, negeri Beruang putih itu terlihat begitu serius. Ini terlihat dari jumlah pasukan yang dikerahkan. Tak tanggung-tanggung, Rusia mengerahkan sebanyak 3.000 tentara termasuk Tank Amfibi dan Rudal.

Sebelumnya Rusia menghentikan pembicaraan damai soal sengketa kepulauan tersebut lantaran sanksi yang dijatuhkan Jepang terkait invasi ke Ukraina.

Distrik Militer Timur Rusia menyatakan, pasukannya menggelar latihan perang mengerahkan lebih dari 3.000 pasukan serta ratusan peralatan militer.

Tidak disebutkan di pulau apa latihan berlangsung. Kepulauan Kuril terdiri atas rantai pulau yang menghubungkan Semenanjung Kamchatka di Rusia dan pulau paling utara Jepang, Hokkaido. Rusia menyebut wilayah itu dengan Kuril sementara Jepang dengan Wilayah Utara.

Sengketa teritorial atas empat pulau tersebut belum menemukan titik penyelesaian.

Sementara itu Jepang mengungkapkan kemarahan pada Selasa lalu setelah Rusia menarik diri dari pembicaraan yang sudah berjalan lama serta membekukan proyek-proyek ekonomi di wilayah itu.

Latihan perang Rusia melibatkan kendaraan amfibi, menskenariokan pemukulan mundur musuh, termasuk menghancurkan pesawat angkut personel. Latihan juga menguji keterampilan pengoperasian rudal berpemandu antitank.

"Selain itu, unit Angkatan Udara melakukan serangkaian tindakan untuk mendeteksi, mengidentifikasi, dan menghancurkan pesawat musuh tiruan yang akan melakukan serangan udara," demikian laporan Interfax.

Editor : Bramantyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut