get app
inews
Aa Read Next : Dikunjungi Demokrat, Golkar Sebut PKB & PKS Bakal Berlayar Bersama Partai Besutan SBY di Pilkada

Sukseskan Piala AFF U-16 2024, PLN Berikan Layanan Kehandalan Listrik Berlapis

Rabu, 26 Juni 2024 | 21:38 WIB
header img
PLN siap amankan pasokan listrik selama penyelenggaraan AFF 2024 di Solo (Foto : dok Humas PLN Surakarta)

Solo, iNewskaranganyar - Setelah sukses mengadakan Piala Dunia U17 tahun lalu, kini Indonesia dipercaya kembali menjadi tuan rumah Piala AFF U-16 Tahun 2024.

Event sepakbola tingkat Asean tersebut digelar mulai 21 Juni - 4 Juli 2024 di Kota Surakarta. PLN berkomitmen untuk menyediakan listrik yang andal selama gelaran tersebut.

Manager PLN UP3 Surakarta Muhammad Khadafi bersinergi dengan PLN Group mengawal kesiapan kelistrikan dari tahap persiapan sampai saat pelaksanaan pertandingan di Stadion Manahan dan Stadion Sriwedari yang menjadi lokasi pertandingan.
 
Khadafi mengatakan, bahwa secara keseluruhan, dari pengecekan yang telah dilakukan, PLN sudah siap untuk mendukung lancarnya rangkaian pertandingan secara all out.
 
“PLN siap menjaga pasokan kelistrikan Piala AFF U-16 Tahun 2024 secara all out dengan semua fasilitas keandalan yang meliputi Jaringan Listrik, UPS, UGB dan Genset, " ungkap Khadafi.
 
Fasilitas kehandalan di stadion Manahan lanjut Khadafi menggunakan kriteria pengamanan empat lapis. Selain menggunakan Jaringan Aktif PLN, juga didukung oleh lima unit UPS (Uninterruptible Power Switch) dengan total daya 1.100 kVA, satu unit UGB (Unit Gardu Bergerak) dengan daya 630 kVA dan tiga genset dengan total daya 1.350 kVA. Sedangkan untuk Stadion Sriwedari didukung oleh satu unit UPS dengan daya 300 kVA dan satu Genset  daya 500 kVA.

"Dengan pengamanan ini, PLN siap menghadirkan pasokan listrik yang andal tanpa kedip di setiap pertandingan," jelasnya.
 
Selain di Stadion Manahan dan Stadion Sriwedari, PLN juga telah memastikan keandalan pasokan listrik di lokasi latihan. Tidak kurang dari lima lapangan menjadi tempat untuk para pemain melakukan latihan. Lokasi tersebut diantaranya Lapangan Sriwaru, Stadion UNS, Lapangan Blulukan, Lapangan Banyuanyar dan Lapangan Kota Barat.
 
Tidak selesai sampai disitu, PLN juga mengamankan pasokan listrik hingga ke lokasi menginap pemain dan official.

"Harapannya, semua aktivitas berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan kelistrikan. Termasuk bagi para penonton dari luar kota yang ingin sekalian singgah dan berwisata di Kota Surakarta kami jamin kenyamanannya dengan keandalan pasokan listrik yang kami jaga," kata Khadafi.

Khadafi menegaskan, sebelum dan sesudah pertandingan selalu dilakukan briefing dan evaluasi kepada para petugas yang berjaga. Petugas merupakan tim gabungan dari beberapa Unit PLN Group di Lingkungan Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta.

"Sedikitnya 80 personel disiagakan oleh PLN di setiap pertandingan untuk mengamankan pasokan listrik pada event tingkat Asean ini. Pada kesempatan yang sama, dilaksanakan pula doa bersama demi kelancaran dan keamanan listrik sepanjang event berlangsung," pungkasnya.

Editor : Puspita Priska Lituhayu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut