get app
inews
Aa Read Next : Kembalikan Formulir ke Demokrat, Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan Ingin Kolaborasi

Mey Mey Goes to Kampoeng Tingkatkan Keterampilan Perempuan Lewat Seminar Sukses Menjemput Rezeki

Senin, 22 April 2024 | 22:22 WIB
header img
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka hadir pada seminar yang digelar oleh Mey Mey Goes to Kampoeng, bersama penulis buku Ikhtiar Menjemput Rezeki Memantaskan Usaha di Loji Gandrung,.Senin (22/4/2024) (Foto : iNewskaramganyar / Lituhayu)

Solo, iNewskaranganyar – Meningkatkan keterampilan para perempuan dalam bisnisnya, Mey Mey Goes to Kampoeng (MGK) menggelar seminar “Kiat Wanita Sukses: Ikhtiar Menjemput Rezeki, Memantaskan Usaha” di rumah dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung, Senin (22/4/2024).
Owner Mey Mey Group Meliana Halim menjelaskan, lewat Mey Mey Goes to Kampoeng menjadi penguat komitmen dalam pergerakan pemberdayaan wanita yang dimulai di Kota Solo.

“Kami berharap acara seminar ini mampu menjadi wadah yang bermanfaat bagi kita semua. Untuk saling belajar, bertukar pikiran memperluas wawasan dan membangun masa depan yang lebih baik,” kata Meliana.

Seminar Kiat Wanita Sukses ini dihadiri sekira 200 ibu-ibu yang merupakan perwakilan dari 5 Kecamatan di Solo, juga komunitas-komunitas UMKM.

Untuk berbagi ilmu pada pelaku UMKM ini, MGK menghadirkan penulis buku Ikhtiar Menjemput Rezeki, Memantaskan Usaha, Dr. Siti Marifah SH MH (Komut PT Askrindo Syariah Financing Guarantee), Dr. Antoni Ludfi Arifin (Lecturer, book writer), Inda D Hasman (Dewan Pengawas BPJS Kesehatan), Patrick Rimba (Marketing Director PT. DSN) dan Maliyana Nur Wijayanti (Ketua Komite Bidang Kewirausahaan, UMKM dan Koperasi Kota Surakarta).

“Ibu-ibu peserta yang hadir di sini juga para pelaku UMKM adalah energi yang menggerakkan ekonomi Kota Solo. Melalui usaha kecil yang menopang pendapatan keluarga, dan secara makro pendapatan di kota ini. Semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi kita semua,” harap Meliana. 

Mengawali seminar, Dr. Siti Marifah SH MH mengutip filosofi Jawa, Urip Iku Urup yang ia lihat sepanjang perjalanan menuju ke lokasi seminar.

“Saat menuju ke sini, ada hal yang menarik yang saya baca sepanjang jalan, terpampang tulisan filosofi Jawa, Urip Iku Urup. Hidup harus menyala, memberi kehidupan, bermanfaat bagi sesama,” jelasnya. 

Siti memaknai seorang ibu merupakan tonggak sejarah, yang berperan mendidik generasi bangsa masa depan. 

“Buku tentang menjemput rezeki dan memantaskan usaha ini berkenaan dengan langkah-langkah untuk mengembangkan sebuah usaha. Yang mungkin selama ini ada yang memiliki basis ilmu tapi tidak bisa melakukan langkah-langkah karena belum pernah berpengalaman. Ada yang sudah berpengalaman berjualan misalnya tetapi tidak memiliki ilmunya. Oleh karena ini penting sekali memadukan keilmuan dan juga hal-hal yang praktis karena masing-masing faktor memiliki kelebihan,” bebernya.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka turut hadir pada seminar ini. Siti mengatakan sempat berbincang dengan putra Presiden Jokowi tersebut membahas soal packaging produk untuk meningkatkan value penjualan. 

“Industri UMKM kita masih banyak kendala. Salah satunya adalah soal packaging atau kemasan produk yang kurang menarik dari sisi tampilan. Kami juga sempat menitipkan pesan ke Pak Wali, mudah-mudahan dengan beliau akan menjadi pemimpin Indonesia menjadi perhatian tentang pemberdayaan Perempuan khususnya dalam bidang perekonomian. Kita berikan masukan untuk pemutaran sektor ekonomi ini lebih menguatkan UMKM. Insyaallah ini menjadi program beliau selain juga tadi pengembangan ekonomi ke masyarakat,” ungkap Siti. 

Dosen yang juga menjadi pembicara dalam seminar Kiat Wanita Sukses, Dr. Antoni Ludfi Arifin menyampaikan, Mey Mey Goes to Kampoeng sebagai program yang luar biasa. Antoni menambahkan  terutama untuk pengembangan  

“Semua program pemberdayaan masyarakat itu harus kita dukung. Terutama pemberdayaan Perempuan dan UMKM menjadi lokomotif pendapatan keluarga. Dengan ikthiar kita memastikan nilai-nilai Kartini bisa kita implementasikan. Dalam dunia bisnis kejujuran adalah nomor satu terutama bila menyangkut produk. Kolaborasi juga penting bagaimana UMKM bisa mempunyai market lebih luas untuk meningkatkan pendapatannya,” pungkasnya.

Mey Mey Goes to Kampoeng mempunyai program yang bertujuan untuk memberdayakan perempuan di lingkungan perusahaan dan masyarakat sekitar. Mey Mey Group ikut mendukung kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam berbagai aspek kehidupan. Dengan berbagai program Pelatihan meningkatkan keterampilan perempuan di berbagai bidang untuk mendukung pemberdayaan perempuan melalui perekonomian.

Sejak tahun 1975, di bawah kepemimpinan Mey Mey berkomitmen untuk memberdayakan perempuan. Hingga saat ini, Mey Mey terus memberikan dukungan kepada para perempuan yang bertanggung jawab menghidupi keluarganya, menjadikan perjuangan tersebut sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari perjalanan Mey Mey Group.

Editor : Puspita Priska Lituhayu

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut