get app
inews
Aa Read Next : Dini Hari, Gempa Kembali Goncang Cianjur Paksa Warga Kembali ke Tenda Pengungsian

Harga Tiket Masuk Berserta Jam Operasional Kebun Raya Cibodas

Selasa, 12 September 2023 | 17:26 WIB
header img
Kebun Raya Cibodas (Foto: iNewskaranganyar.id/Danang Prabowo)

CIANJUR, iNewskaranganyar.id - Kebun Raya Cibodas terletak di Kompleks Hutan Gunung Gede dan Gunung Pangrango, Desa Cimacan, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

Kebun Raya Cibodas didirikan pada tanggal 11 April 1852 oleh Johannes Ellias Teijsmann. Ia juga sebagai Kurator (Perintis) Kebun Raya Bogor pada waktu itu, dengan nama Bergtuin te Tjibodas (Kebun Pegunungan Cibodas). 

Topografi lapangannya bergelombang dan berbukit-bukit dengan ketinggian kurang lebih 1.300 sampai dengan 1.425 meter di atas permukaan laut dengan luas 84,99 hektar. Temperatur rata-rata 20,06 °C, kelembaban 80,82 % dan rata-rata curah hujan 2.950 mm per tahun.

Kebun Raya Cibodas merupakan tempat yang nyaman untuk beristirahat sambil menikmati keindahan berbagai jenis tumbuhan yang berasal dari Indonesia dan negara-negara lain.

Pada awalnya dimaksudkan sebagai tempat aklimatisasi jenis-jenis tumbuhan asal luar negeri yang mempunyai nilai penting dan ekonomi yang tinggi, salah satunya adalah Pohon Kina (Cinchona calisaya). 

Kemudian berkembang menjadi bagian dari Kebun Raya Bogor dengan nama Cabang Balai Kebun Raya Cibodas. 

Mulai tahun 2003 status Kebun Raya Cibodas menjadi lebih mandiri sebagai Unit Pelaksana Teknis Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas di bawah Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor dalam kedeputian Ilmu Pengetahuan Hayati Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Harga Tiket Kebun Raya Cibodas


Harga Tiket Kebun Raya Cibodas

 

Jam Buka

Wisatawan bisa mulai datang ke Kebun Raya mulai dari pagi hari. Jam Buka area kebun raya dari pukul 08.00 pagi hari hingga sore hari.

Senin-Jumat    08.00 – 16.00 WIB
Sabtu, Minggu dan Libur Nasional    07.00 – 16.00 WIB


Demikian informasi tentang Kebun Raya Cibodas, semoga berguna. Dapatkan informasi lainnya hanya di HARIANKOTA.COM. ***

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut