get app
inews
Aa Read Next : Serupa Tapi Tak Sama, Ini Fakta Menarik Gunung Marapi dengan Merapi

Deretan Fakta Unik Baobab, Pohon Unik dari Surga di Taman Kota Ria Rio Seharga Rp750 Juta

Kamis, 21 Juli 2022 | 09:49 WIB
header img
6 Fakta Pohon Baobab, Pohon dari Surga yang Tumbuh hingga 30 Meter. (FOTO: MNC Media)

KARANGANYAR,iNews.id - Bila anda berkunjung ke taman kota Ria Rio, Jakarta Timur, tentu akan menemui pohon unik menjulang tinggi yang kerap disebut pohon Baobab atau pohon kehidupan.

Ada beberapa fakta menarik dari pohon unik yang saat ini menjadi ikon taman kota tersebut.

Selain menjulang tinggi, Pohon Baobab juga memiliki ciri khas dengan diameter keliling yang cukup lebar.

Berikut 6 Fakta pohon unik Pohon Baobab di taman Kota Ria Rio Jakarta Timur yang belum Anda ketahui. Simak sampai selesai!

1. Berasal dari Afrika

Salah satu fakta yang perlu diketahui dari Pohon Baobab ini ialah tempat dimana pohon tersebut berasal. Pasalnya pohon yang dapat tumbuh hingga 30 meter dan berdiameter 7 hingga 11 meter ini berasal dari Negara Afrika. Kini Pohon Baobab juga tumbuh di beberapa negara termasuk di dataran rendah Australia.

2. Menjadi Ikon Taman Kota Ria Rio

Fakta Pohon Baobab selanjutnya yaitu Pohon unik ini menjadi Ikon taman Kota Ria Rio. Hal tersebut dipilih karena Pohon Baobab yang memiliki bentuk eksotis dan unik. Anda dapat menemukan Pohon tersebut di depan pintu masuk dan didalam taman Ria Rio. Pohon tersebut dipastikan dapat bertahan hidup hingga bertahun-tahun oleh pengelolanya yakni PT. Pulomas Jaya.

3. Dijuluki Pohon Kehidupan

Fakta lainnya dari Pohon asal Afrika ini yaitu memiliki umur yang cukup panjang dan dapat bertahan hidup lama. Oleh sebab itu Pohon Baobab ini mendapat julukan sebagai pohon kehidupan. Salah satu manfaat dari Pohon Baobab yaitu dapat menyerap air dengan baik serta memiliki daun dan buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

4. Tumbuh Ribuan Tahun

Fakta Pohon Baobab selanjutnya yaitu pohon ini mampu tumbuh hingga ribuan tahun, seperti salah satu Pohon Sunland Baobab berusia sekitar 6000 tahun. Pohon ini diklaim sebagai Pohon Baobab tertua di dunia. Pohon ini dapat ditemukan di sabana panas dan kering, jika umur pohon mencapai seribu tahun, maka batangnya akan membentuk lubang besar.

5. Pohon Raksasa

Pohon Baobab mampu menumbuhkan batang hingga mencapai diameter tinggi 15 meter dengan keliling 47 meter. Bahkan Pohon Baobab dewasa bisa mencapai ketinggian hingga 30 meter. Pohon raksasa ini menjadi salah satu pohon berukuran paling besar di dunia. Baobab juga dapat menghasilkan buah yang berbentuk seperti kelapa hijau besar dan mengandung biji. Biasanya buah dan daunnya digunakan untuk kesehatan.

6. Pohon Berharga Fantastis

Fakta terakhir dari Pohon Baobab ini yaitu memiliki harga yang cukup fantastis sekitar 750 juta. Namun, setelah ditelusuri lebih dalam ternyata pohon yang memiliki nama ilmiah Adansonia Digitate tersebut tak semahal yang diperkirakan oleh warga.

Itulah sederet fakta Pohon Baobab yang dapat Anda ketahui. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat untuk Anda.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut