get app
inews
Aa Read Next : Kepala Pusing Setelah Memakan Durian? Ternyata ini Pemicunya 

Mengapa Kucing Menggigit Saat Sedang Dielus? Ternyata Belum Tentu Agresif, Ini Salah Satu Alasannya

Rabu, 20 Juli 2022 | 08:13 WIB
header img
Salah satu alasan mengapa kucing menggigit saat dielus kepalanya (Foto: iNews.id)

KARANGANYAR, iNews.id - Setiap pemilik kucing akan menyadari bahwa kucing menyukai kemandirian mereka. Tidak seperti anjing, mereka adalah hewan soliter di alam liar. 

Ini tidak berarti mereka tidak memerlukan bersosialisasi. Terkadang kita bisa mendapatkan sinyal yang sangat beragam dari kucing Anda.

Memeluknya memberi mereka gelitik di bawah dagu yang mereka sukai, cakaran perut yang mereka sukai, lalu tiba-tiba mereka meraih dan menggigit Anda.

Jika Anda bertanya-tanya mengapa kucing menggiit ketika Anda mengelusnya? Dilansir dari AnimalWised, ini ada beberapa alasan kenapa kucing suka menggigit pemiliknya.

1. Saat menggigit adalah permainan

Seperti diketahui, kucing adalah pemburu alami. Bahkan kucing peliharaan akan menguntit benda dan memanjakan sisi liar mereka ketika mereka melihat seekor serangga berlarian di lantai.

Mereka bahkan menguntit dan bermain perkelahian dengan saudara mereka sementara anak kucing mengasah keterampilan bawaan ini. Menggigit adalah bagian besar dari permainan ini dan mengetahui apa yang pantas dan apa yang tidak akan membutuhkan waktu.

Ini bisa menjelaskan mengapa kucing menggigit Anda saat sedang mengelusnya, karena  mereka dalam mode 'permainan berburu'. 

Bukan berarti mereka tidak menyukai atau berusaha menunjukkan agresi , justru sebaliknya. Sayangnya, mereka juga melihat tangan, lengan, jari kaki Anda  dan hampir semua hal sebagai permainan.

2. Menggigit sebagai peringatan

Tidak jarang kucing kita mendatangi kita dan menggosokkan kepala dan tubuhnya ke kaki kita. Mereka mungkin mendengkur dan menunjukkan kasih sayang kepada kita, apakah mereka hanya ingin ditemani atau membutuhkan sesuatu. 

Adalah normal untuk ingin meraih dan memberi mereka hewan peliharaan , itulah sebabnya bisa sangat mengejutkan bahwa mereka membentak, menggesek, atau menggigit kita ketika kita melakukannya.

Ketertarikan mereka yang berubah-ubah berarti satu detik mereka adalah sahabat Anda, selanjutnya mereka menggigit Anda untuk menunjukkan bahwa mereka ingin dibiarkan sendiri. Gigitan saat Anda membelainya adalah peringatan kecil, hanya memberi tahu bahwa kucing  tidak ingin disentuh.

3. Gigitan Cinta

Kucing tidak selalu langsung dalam komunikasi mereka. Terkadang, gigitan mereka sendiri bisa menjadi tanda kasih sayang. Terkadang membingungkan, tetapi ada perbedaan mendasar antara tindakan ini dan tindakan agresif. Mereka akan mengambil tangan, jari, atau bahkan wajah kita dan menggigitnya dengan lembut. Gigitan ini umumnya 'tanpa gigi' dan tidak akan ada upaya untuk merusak kulit. Mereka mungkin juga melingkarkan cakarnya di sekitar Anda dan mengecupnya pada saat yang bersamaan. Sayangnya, jika kucing tidak mempelajari penghambatan gigitannya dengan benar , mereka bisa menjadi terlalu bersemangat dan menggigit lebih keras dari yang mereka kira. Namun, jika gigitannya tidak merusak, Anda hanya perlu bersikap santai dan ramah.
  

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut