get app
inews
Aa Read Next : Deretan PO Bus Miliki Penggemar Banyak Di Medsos

Deretan Bus Idola Warga Pulau Jawa untuk Plesiran ke Daerah, Ada Favoritmu?

Rabu, 22 Juni 2022 | 09:11 WIB
header img
perusahaan otobus idola warga jawa untuk berpergian (Foto: Pixebay)

KARANGANYAR,iNews.id - Deretan perusahaan otobus ini tak hanya sekedar alat transportasi belaka. 

Namun, tujuh PO Bus ini menjadi idola, khususnya masyarakat Jawa untuk berpergian ke berbagai daerah. Baik di Pulau Jawa maupun ke pulau Sumatera.

Mayoritas bus yang sudah menjadi idola ini merupakan perusahaan otobus yang sudah lama berdiri. Seperti dilansir iNewskaranganyar.com dari MNC Portal, berikut beberapa PO bus idola warga Pulau Jawa untuk plesiran:

1. Sinar Jaya


Sinar Jaya Suite Class (Foto: Instagram)

PO Sinar Jaya merupakan salah satu perusahaan transportasi yang cukup populer di kalangan pengguna bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi). Perusahaan Otobus (PO) yang bermarkas melayani berbagai trayek dari Jakarta ke Jawa Tengah, maupun Jakarta ke Jawa Timur.

2. ALS


Bus Antar Lintas Sumatera (Foto: Instagram)

ALS atau Antar Lintas Sumatera merupakan perusahaan otobus (PO) yang berasal dari Mandailing, Medan. Bus ini terkenal sebagai sang Penguasa jalur Sumatera-Jawa dan menjadi bus idola warga Pulau Jawa yang ingin bepergian ke daerah. Ini lantaran ALS memiliki trayek jarak jauh dari Medan menuju Jember atau sebaliknya yang berjarak hampir 3.000 KM. Selain itu juga ALS terkenal dengan laju kendaraannya yang cepat sehingga tidak terlalu lelah diperjalanan.

3. PMTOH


Bus malam PMTOH

PMTOH atau Perusahaan Motor Transport Ondernemer Hasan merupakan perusahaan otobus yang berasal dari Aceh. Perusahaan otobus ini juga menjadi salah satu yang menawarkan trayek terjauh AKAP hingga ke Pulau Jawa. Itu sebabnya PMTOH menjadi PO bus warga Pulau Jawa ketika hendak bepergian ke daerah lain. Selain memang memiliki trayek AKAP, PMTOH juga jadi favorit karena menawarkan fasilitas yang nyaman kepada setiap penumpang.

4. ANS

ANS atau Anas Nasional Sejahtera merupakan PO asal kota Bukittinggi, Sumatera Barat ini yang memiliki masa kejayaan di tahun 1970-an. Hingga saat ini, ANS masih menjadi andalan warga Pulau Jawa yang ingin berkunjung ke pulau seberang. ANS melayani perjalanan dari kota Padang di Sumatera Barat menuju Bandung di Jawa Barat atau sebaliknya. Biasanya, warga Pulau Jawa di wilayah tersebut yang memiliki kampung halaman di pulau seberang akan menggunakan ANS ini saat musim mudik tiba.

5. NPM


Bus NPM (Foto: Instagram)

PO NPM atau Naiklah Perusahan Minang juga tercatat memiliki banyak fans baik di wilayah asal maupun di Pulau Jawa. Terbukti perusahaan otobus yang berdiri sejak tahun 1937 ini masih menjadi andalan warga Pulau Jawa yang ingin ke daerah atau sebaliknya. Didirikan di Padangpanjang, Minangkabau, Sumatera Barat NPM saat ini sudah berumur 85 tahun. Meski demikian NPM masih dibilang perusahaan otobus yang cukup populer dan layanannya masih banyak digunakan sampai sekarang ini.

6. Medan Jaya

Perusahaan otobus asal Sumatera ini melayani berbagai trayek. Yang terjauhnya adalah Medan-Jakarta atau sebaliknya. Medan Jaya juga sering dijuluki sebagai sang peluru dari Medan karena terkenal dengan laju kendaraannya yang tinggi. Itu sebabnya bus AKAP, Medan Jaya menjadi pilihan banyak warga Pulau Jawa yang ingin bepergian ke daerah lain. Untuk perjalanan Pulau Jawa medan bisa ditempuh hanya dalam waktu kurang dari 45 jam.

7. Aneka Jaya

Aneka Jaya merupakan PO bus yang berasal dari Pacitan. Trayek terjauh dari PO Aneka Jaya untuk saat ini adalah Pacitan-Pekanbaru dengan jarak tempuh kurang lebih 1969 KM dan memakan waktu perjalanan kurang lebih 45 jam. Aneka Jaya menawarkan jasa transportasi antarkota-antarprovinsi (AKAP) dan memiliki beberapa kelas untuk penumpangnya. Ini sebabnya Aneka Jaya menjadi salah satu bus idola warga Pulau Jawa yang mau ke daerah.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut