get app
inews
Aa Read Next : Bingung Libur Lebaran Mau ke Mana? Yuk Jelajahi Air Terjun Cantik di Ngargoyoso Waterfall

Tips Naik ke Puncak Gunung Bagi Pendaki Pemula

Jum'at, 17 Juni 2022 | 08:30 WIB
header img
Tips mendaki gunung bagi pemula (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNews.id - Sempat ditutup saat awal pandemi Covid-19, hingga akhirnya gunung Lawu kembali dibuka untuk jalur pendakian. Gunung Lawu terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung Lawu terletak di antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur. 

Gunung Lawu memiliki ketinggian  3.265 mdpl. Dari Magetan (Jawa Timur) ada jalur pendakian Cemoro Sewu. Sementara dari Karanganyar (Jawa Tengah) ada jalur pendakian Cemoro Kandang.

Bagi para pendaki pemula, ada banyak hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan pendakian. Ada persiapan yang harus dilakukan.

Berikut ini tips bagi pendaki pemula agar sukses saat melakukan pendakian.

1.Rutin berolahraga sebelum melalukan pendakian

Mendaki gunung juga Salah satu bentuk olahraga karena membutuhkan tenaga serta stamina yang kuat. Disarankan untuk olahraga minimal satu bulan sebelum pendakian. Olahraga apa pun boleh kamu lakukan tapi disarankan untuk memilih olahraga yang bisa memperkuat otot kaki.

2. Pastikan tubuh dalam kondisi sehat dan bugar

Kondisi fisik kuat dan sehat sanht dibutuhkan saat mendaki gunung. Jika kondisi tubuh kurang fit kamu dilarang keras memaksakan diri untuk mendaki karena sangat berbahaya.

3. Membawa perlengkapan yang dibutuhkan

Seperti sepatu gunung, pakaian tebal, jaket, tenda, carrier, jas hujan, dan senter. Slepping bag, juga membawa alat navigasi agar tidak tersesat, seperti kompas atau peta.Menyiapkan bekal makanan dan minuman yang cukup.

Karena di area pendakian minim penjual makanan dan minuman itu artinya kamu harus menyiapkan konsumsi kamu sendiri.

Hitung berapa lama kamu akan mendaki dan pastikan makanan dan minuman yang kamu bawa cukup untuk kebutuhanmu. Selain itu pilih juga bahan makanan yang simple dan nggak mudah basi.

4. Siapkan kantong sampah

Selama berada di gunung Lawu dilarang keras membuang sampah sembarangan. Dan semua pendaki wajib menjaga kebersihan. Karena itu kamu bisa membawa kantong sampah sendiri untuk menyimpan sampahmu kemudian buang ketika menemukan tempat pembuangan sampah.

5. Patuhi semua instruksi dan larangan selama mendaki

Baik tertulis maupun tidak tertulis. Ada banyak larangan yang nggak boleh dilanggar. Kamu harus patuh dengan semua aturan yang berlaku demi keselamatan selama mendaki.

Alangkah baiknya mendaki didampingi dengan mereka yang sudah berpengalaman dan mengetahui kondisi jalur pendakian. 
Ketahui rute dan medan gunung yang akan didaki. Termasuk mengetahui prakiraan cuaca setempat sebelum mendaki.

6. Mendaftar terlebih dahulu di pintu masuk pendakian

Beritahu petugas berapa jumlah pendaki, berapa lama di puncak. Dan tinggalkan nomor telpon yang  bisa dihubungi. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti tersesat.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut